Mengapa 'K' Menjadi Singkatan Ribu? Ternyata Punya Sejarah Panjang Sejak Peradaban Yunani
Mengapa K menjadi singkatan ribu (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat menuliskan angka dengan nominal ribuan, kini orang-orang lebih memilih menggunakan huruf ‘K’ untuk mengganti angka ‘000’ atau ribu. Misalnya ketika orang menyebutkan 15 ribu rupiah maka akan ditulis 15k, begitu pula 20k dan 20k. Lantas bagaimana sejarah dan mengapa ‘K’ menjadi singkatan ribu?

Penggunaan huruf ‘K’ sebagai pengganti penyebutan ribu saat ini sudah sangat umum. Penyebutan format ini mudah Anda temui di restoran maupun store online maupun offline. Bahkan saat berkirim chat ke sesama teman atau rekan, orang-orang lebih sering memakai huruf ‘K’ untuk menuliskan ribu atau tiga buang angka 0. 

Penulisan ‘K’ sebagai pengganti ribu tidak hanya diterapkan pada harga saja, namun juga terkadang digunakan untuk menyebutkan angka atau jumlah pada urusan lain. Banyak orang penasaran mengapa ‘K’ menjadi singkatan dari ribu. 

Sejarah Huruf ‘K’ Menjadi Singkatan Ribu

Dikutip dari laman Merriam Webster, penggunaan huruf ‘K’ menjadi singkatan ribu telah mulai diterapkan sejak peradaban Yunani kuno. Huruf ‘K’ berasal dari kata Yunani ‘kilo’ yang memiliki arti seribu.

Di samping pemakaian huruf ‘K’, orang Yunani juga menggunakan huruf ‘M’ untuk menyatakan juta, yang merupakan singkatan dari kata ‘Mega’. Keduanya adalah lambang atau simbol pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités).

Kata ‘kilo’ secara harfiah berasal dari kata Yunani ‘chilioi’ yang mengandung makna ribuan. Dalam bahasa Yunani, kata ini digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak. Sementara penggunaan huruf ‘K’ sebagai representasi ribu sebenarnya telah dimulai setidaknya sejak pertengahan tahun 1940-an. 

Kelompok pertama yang mengadopsi istilah ‘K’ sebagai pengganti atau singkatan ribu adalah tim riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Konsep ini baru diperkenalkan oleh sistem metrik Prancis pada tahun 1979. 

Selanjutnya, konsep ini menyebar ke berbagai sistem perhitungan dengan makin banyak yang mengaplikasikannya. Hingga saat ini, penggunaan ini sering diterapkan dalam penulisan harga barang hingga jumlah pengikut akun media sosial.

Tidak hanya dalam konteks harga, huruf ‘K’ sebagai singkatan ribu juga diterapkan dalam istilah teknologi. Salah satu contoh penggunaannya yakni untuk menyebutkan resolusi gambar, seperti pada istilah 2K dan 4K. Resolusi 2K merujuk pada 2.560 x 1.440 piksel, sementara 4K mengacu pada 3.840 x 2.160 piksel dalam satuan pixel.

Berikut contoh penyebutan 'K' sebagai pengganti ribu atau tiga angka 0:

1.000: ditulis 1K

10.000: ditulis 10K

100.000: ditulis 100K

1.000.000: ditulis 1000K

Demikianlah ulasan sejarah dan mengapa ‘K’ menjadi singkatan ribu. Ternyata asal-usul penggunaan huruf ‘K’ sebagai pengganti penyebutan ribu memiliki sejarah panjang yang sudah dimulai sejak zaman Yunani kuno. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.