UMKM Fest Kembali Digelar Tahun Ini, BCA Ungkap Tujuannya
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA UMKM Fest 2023. Foto: Dok. BCA

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar BCA UMKM Fest 2023 sebagai bentuk komitmen untuk mendorong potensi ekonomi dari sektor UMKM. Tahun ini merupakan penyelenggaraan kali ketiga dengan tajuk "Jadi #ANDALANLOKAL".

Diketahui, BCA UMKM Fest 2023 akan diselenggarakan secara hybrid. Kegiatan luring (offline) akan dilaksanakan di Gandaria City, Jakarta, pada 9-13 Agustus 2023.

Sedangkan gelaran daring (online) akan dibuka ke publik pada 12 Agustus-12 September 2023 mendatang, yang bisa diakses melalui umkmfest.bca.co.id bekerja sama dengan Blibli dan Grab.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyebut, BCA berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh dan berkembang.

"Melalui BCA UMKM Fest 2023, kami menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM. Dorongan BCA bagi UMKM merupakan wujud komitmen kami melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan membantu segala kebutuhan pelaku UMKM," kata Jahja dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Kamis, 10 Agustus.

Jahja mengatakan, dukungan BCA untuk UMKM dimulai dari aspek transaksi penjualan, operasional perusahaan, ataupun pembiayaan UMKM melalui Kredit Multiguna Usaha (KMU) edisi UMKM Fest dengan suku bunga efektif mulai dari 3,12 persen p.a. berlaku hingga 1 Oktober 2023.

Nantinya, BCA juga memberikan tempat bagi UMKM untuk memasarkan produk unggulan. Selama UMKM Fest, BCA turut menghadirkan lebih dari 50 merchant dalam penyelenggaraan offline, serta sekitar 1.400 pelaku UMKM dan industri kreatif dari berbagai sektor, seperti makanan dan minuman, seni dan kerajinan, fesyen, kesehatan dan kecantikan, hingga travel.

BCA pun menghadirkan Desa Binaan BCA, antara lain Desa Gemah Sumilir yang menyajikan kain batik andalan, Desa Wukirsari dengan kerajinan wayang kulit, hingga menjelajah hutan digital di Desa Peramun melalui Virtual Reality (VR).

"Tak ketinggalan, hadir juga BCA Travel Service sebagai bentuk dukungan BCA terhadap gerakan bangga berwisata #Di-Indonesia-Aja," ujar Jahja.

Sementara itu, Staf Ahli Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Fiki Satari mengapresiasi langkah BCA yang sudah mendukung UMKM Indonesia. Dia menyebut, koperasi dan UMKM merupakan sokoguru utama perekonomian di Indonesia.

"BCA selalu menjadi pendukung utama bagi Kementerian Koperasi dan UMKM dalam mengembangkan sektor ini lebih maju lagi," ungkapnya.