Bliblimart Catat Jumlah Konsumen Pria Capai 45 Persen, Hampir Imbangi Konsumen Wanita
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bliblimart, salah satu layanan e-groceries dari Blibli mencatat, jumlah konsumen pria telah mencapai 45 persen atau hampir mengimbangi porsi konsumen wanita hingga saat ini.

EVP Consumer Goods Blibli Fransisca Krisantia Nugraha menyebut, data transaksi melalui kategori produk Bliblimart di platform Blibli menunjukkan perilaku belanja e-groceries tidak hanya menyasar para pelanggan perempuan, tetapi juga pria.

Meski jumlah konsumen pria perlahan mengalami peningkatan, tetapi Krisantia enggan memberitahu secara detail pertumbuhan konsumen pria tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa e-groceries telah menjadi pilihan yang populer dan disukai oleh berbagai segmen konsumen.

"Sebanyak 45 persen dari total transaksi e-groceries di Blibli dilakukan oleh pria. Sebetulnya cukup balance, sih, antara pria dan wanitanya itu," kata Krisantia di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Juni.

Wanita yang kerap disapa Kris itu menyebut, ada sejumlah nilai tambah yang ditawarkan Bliblimart, yakni kecepatan pengiriman, kelengkapan produk, layanan bernilai tambah, serta harga dan penawaran menarik bagi pelanggan.

"Salah satu aspek penting dalam layanan e-groceries adalah ragam produk yang ditawarkan. Meskipun ada berbagai pilihan produk, bahan pokok tetap menjadi favorit di Indonesia," ujarnya.

Diketahui, pada kuartal I-2023, transaksi bahan pokok di Bliblimart mengalami peningkatan hingga 23 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain bahan pokok, kebutuhan rumah tangga dan produk untuk anak juga menjadi kategori yang paling banyak dibeli oleh pelanggan.

Mayoritas produk dalam kategori Bliblimart tergolong dalam Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Oleh karena itu, tidak ada waktu spesifik, yang mana pelanggan melakukan pembelanjaan.

Namun, terdapat kecenderungan lonjakan transaksi pada periode-promosi tertentu, seperti promo tanggal kembar atau Blibli Double Day dan tanggal gajian atau Blibli Pay Day.

Selain kebutuhan pokok di Bliblimart, pelanggan juga memanfaatkan layanan 2 Jam Sampai untuk membeli berbagai produk, seperti charger laptop, kosmetik, hingga oli kendaraan.

"Dengan adanya Bliblimart, Blibli menilai telah memberikan solusi bagi kebutuhan sehari-hari dan memberikan pengalaman berbelanja yang optimal bagi pelanggan," pungkasnya.