Mulai 25 Mei 2023, Hutama Karya Lakukan Penyesuaian Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Ilustrasi gerbang tol (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) akan segera memberlakukan tarif baru pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, mulai Kamis, 25 Mei 2023, pukul 00.00 WIB. Meski begitu, Hutama Karya akan memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen, pada hari yang sama.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, penyesuaian tarif tersebut telah sesuai dengan regulasi atau setelah dilakukannya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menciptakan iklim investasi jalan tol, agar tetap kondusif yang berdampak pada keberlanjutan jalan tol ini," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 24 Mei.

Selain itu, penyesuaian tarif tol ini perlu dilakukan lantaran Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan ruas tol yang cukup panjang, yakni mencapai 140 KM sehingga biaya maintenance dari tahun ke tahun pun semakin bertambah.

"Kami juga melengkapi banyak fasilitas dalam mengoptimalisasi pengoperasian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, sehingga penyesuaian tarif ini juga telah dibarengi dengan peningkatan layanan yang ada," ucap Koentjoro.

Kendati demikian, Hutama Karya belum membeberkan soal penyelesaian tarif yang telah dilakukan dalam keterangan tertulisnya. "Terkait besaran tarifnya akan kami infokan lebih lanjut saat SK tarif baru telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR," tutur Koentjoro.

Selain melakukan penyesuaian tarif, Hutama Karya juga memberikan diskon tarif baru hingga 20 persen di semua gerbang tol (GT) yang ada di ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Sebagai apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah setia memilih Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sebagai alternatif perjalanan sejak 2018, kami berikan diskon tarif baru hingga 20 persen," kata dia.

Koentjoro menegaskan, diskon tarif tersebut hanya berlaku di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. "Sehingga, masyarakat yang melintas dari GT Terbanggi Besar hingga GT Kayu Agung masih menggunakan tarif normal yang ada di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung," pungkasnya.