Inilah 7 Pemuda Indonesia yang Masuk dalam Daftar Forbes Under 30 2023
Forbes 30 Under 30 Asia 2023 (Dok. Forbes)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tujuh anak muda Indonesia masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2023. Mereka yang masuk ke dalam daftar ini dianggap sebagai pemimpin, pengusaha muda, atau pelopor yang berhasil memberikan dampak pada 10 industri dunia.

Ke-10 industri tersebut mencakup Hiburan & Olahraga, Keuangan & Modal Ventura, Teknologi Perusahaan, Media, Pemasaran & Iklan, Industri, Manufaktur & Energi, Dampak Sosial, Teknologi Konsumen, Seni, Ritel & E-commerce, serta Kesehatan & Ilmu.

Lantas, siapa saja anak muda Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30? Simak informasi selengkapnya berikut ini:

7 Anak Muda Indonesia yang Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Berikut tujuh anak muda Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 edisi 2023:

  1. Eko Pujianto

Eko Pujianto merupakan CEO PT Sari Kreasi Boga, sebuah perusahaan yang bergerak di sektor Food and Beverage (F&B). Salah satu produk makanan yang dikelola Eko adalah Kebab Turki Babarafi.

Eko yang saat ini berusia 29 tahun, telah membantu mendirikan perusahaan sejak 2019. Pada Agustus 2022, saham PT Sari Kreasi Boga mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia sebesar Rp119 miliar.

  1. Felix Saputra

Felix Saputra merupakan Co-founder klinik gigi Satu Dental. Berdiri sejak Desember 2021, klinik gigi besutan Felix menawarkan harga perawatan gigi yang terjangkau. Tak hanya itu, Satu Dental juga membuka layanan konsultasi gigi secara online.

Felix telah membangun 14 klinik gigi di Jakarta yang menampung sekitar 100 dokter gigi. Pria 28 tahun ini berencana membuka 35 klinik lain pada akhir tahun 2023.  

Sebelum mendirikan Satu Dental, Felix tercatat pernah bekerja di marketplace Bukalapak,perusahaan Agrifood Japfa, dan Traveloka.

  1. Tiffany Danielle

Berikutnya ada Tifany Danielle, Co-founder Rose All Day Cosmetics. Ia banyak terlibat dalam pengembangan dan pemasaran produk.

Bermula dari sat lipstik yang diluncurkan pada 2017, perempuan 27 tahun ini telah menelurkan 77 produk kosmetik dan perawatan kulit yang dipasarkan di seluruh Indonesia

  1. Clara Carina Lukito dan Claudia Sastra

Clara Carina Lukito (29 tahun) dan Claudia Sastra (28 tahun) merupakan pendiri startup Little Joy Indonesia.

Perusahaan yang didirikan pada Desember 2021 ini bertujuan untuk mengatasi stunting dan memastikan pertumbuhan anak-ana Indonesia usia dini.

Mereka menawarkan bubuk suplemen penambah kandungan gizi yang dapat dicampur dengan makanan anak.

  1. Clinton Augusto Kartawijaya dan Sally Varsly

Kedua pemuda ini merupakan pendiri Muscle First, pelopor suplemen fitness di Indonesia.

Sebelum sukses dengan Muscle First, Clinton (27 tahun) pernah berjualan baju bekas (thristing), mouse gaming, dan casing handphone.

Clinton yang melihat peluang di bidang penyediaan suplemen kebugaran, memutuskan untuk mendirikan Muscle First pada 2017. Clinton ingin menghadirkan produk lokal yang  kualitasnya setara dengan produk impor.

Sementara ketertarikan Sally pada bisnis ini bermula dari pandemi COVID-19. Saat itu, banyak orang yang membagikan unggahan berolahraga hingga tips kesehatan di media sosial.

Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup sehat, Sally berpartisipasi dalam pengembangan Muscle First.

Produk Muscle First disebut berada dalam penjualan teratas di toko online. Kini, mereka berencana memperluas variasi produk kesehatan, salah satunya vitamin.

Demikian informasi tentang tujuh anak muda Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.