Jasa Marga Imbau Pemudik Lebaran Cek Kendaraan hingga Tak Berlama-lama di Rest Area
Direktur Operasi PT Jasa Marga Fitri Wiyanti (keempat kanan). Foto: Tangkapan Layar/YouTube Kemenko PMK

Bagikan:

JAKARTA - Untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memberikan sejumlah imbauan kepada seluruh pengguna jalan.

Direktur Operasi PT Jasa Marga Fitri Wiyanti menyebut, imbauan tersebut diberikan kepada seluruh pengguna jalan, agar perjalanan selama masa arus mudik dapat aman, lancar, dan sampai tujuan dengan selamat.

"Mungkin untuk pengguna jalan ada imbauan yang akan kami sampaikan. Jadi, pertama memastikan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik itu dalam kondisi siap," ujar Fitri dalam Konferensi Pers terkait Kesiapan Sarana dan Prasarana Jalan Toll menghadapi Idulfitri 1444 H/2023 bersama Kemenko PMK secara daring, Kamis, 13 April.

Fitri menyebut, pengemudinya juga harus dalam kondisi fit dan kalau melakukan perjalanan jauh, setelah empat jam diharapkan untuk beristirahat, baik di rest area maupun di jalan arteri.

"Kemudian, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM, dan melalukan pengecekan tarif tol untuk mengetahui kecukupan saldo," ujarnya.

Tak hanya itu, Fitri bahkan mengingatkan para pengguna jalan untuk mendownload aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan selama perjalanan.

"Kemudian juga, menghindari perjalanan di waktu puncak dan waktu favorit, biasanya seperti sehabis sahur dan berbuka puasa," ucapnya.

Dia juga mengimbau, agar para pengguna jalan untuk selalu mengikuti rambu dan arahan petugas, apabila nantinya akan ada penerapan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow atau one way.

"Kemudian, disiplin dalam berkendara dan para pengguna jalan dapat menghubungi call center 14080 untuk memberikan informasi atau menyampaikan apabila terjadi gangguan selama dalam perjalanan," ungkapnya.

Terakhir, kata Fitri, pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk tidak berlama-lama berada di rest area. Sebab, menurut dia, pada saat arus mudik Lebaran nanti, jumlah pengunjung akan meningkat hingga 3-4 kali lipat dari jumlah biasanya.

"Selalu menerapkan protokol kesehatan, jaga kebersihan, dan memanfaatkan posko-posko pelayanan yang tersedia di rest area," pungkasnya.