Transaksi Jual Beli Pasar Takjil Ramadan di Banyuwangi Capai Rp40 Juta Per Hari
Pedagang kuliner di Pasar Takjil di Banyuwangi. (Antara/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat transaksi jual beli di pasar takjil yang dikelola UMKM omzet-nya rata-rata mencapai sekitar Rp40 juta per hari sejak awal hingga pertengahan bulan Ramadan 1444 Hijriah.

Transaksi terbesar berada di tiga pasar takjil utama di pusat Kota Banyuwangi, yakni pasar takjil di ruas Jalan Letjen Sutoyo, Taman Blambangan, dan Terminal Pariwisata Terpadu.

"Pasar takjil di tiga lokasi ini cukup ampuh mendorong perputaran ekonomi dengan transaksi mencapai Rp40 juta lebih per harinya," kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda di Banyuwangi, Minggu dikutip Antara.

Dengan demikian, lanjut dia, transaksi jual beli di pasar takjil hingga pertengahan bulan Ramadan telah mencapai lebih dari Rp500 juta. Jumlah tersebut, kata Bramuda, belum termasuk transaksi di puluhan pasar takjil lainnya yang tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Menurut dia, transaksi jual beli itu menunjukkan bahwa upaya pemkab dalam membalut pasar takjil dengan bingkai Festival Street Food membuahkan hasil yang positif.

Dengan mengemas pasar takjil menjadi salah satu festival unggulan dalam kalender pariwisata "Banyuwangi Festival", pemkab ingin ekonomi masyarakat arus bawah tergeliat selama Ramadan.

"Saat buka pada awal Ramadan, kami memang menginginkan agar pasar takjil menjadi momentum menggeliatkan perekonomian," ujar Bramuda.

Dia menambahkan, pemkab mewadahi para pedagang UMKM untuk berjualan di pasar takjil selama Ramadan, dan mengimbau agar masyarakat memanfaatkan keberadaan pasar takjil untuk memenuhi menu berbuka puasa.

Insiyah, salah seorang pedagang aneka lauk pauk di pasar takjil Jalan Letjen Sutoyo Banyuwangi, mengaku bisa mengantongi uang atau omzet hingga lebih dari Rp1 juta.

"Biasanya paling ramai saat awal dan akhir bulan Ramadan. Kalau pertengahan Ramadan biasanya melandai," ujarnya.