Kadin Kian Mesra dengan Pengusaha Kanada, Siap Jadi Pintu Masuk Para Investor
Foto: Dok. Kadin

Bagikan:

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan bahwa pertemuan Canada-ASEAN Business & Investment Forum 2023 mempertegas konsistensi negara di Amerika Utara itu untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Wakil Ketua Umum Bidang Transportasi Denon Prawiraatmadja mengatakan bahwa Indonesia siap menangkap peluang investasi dari para pengusaha Kanada.

“Indonesia berupaya menjadi pintu bagi para calon penanam modal dari Kanada untuk masuk ke Indonesia,” ujarnya dalam pernyataan tertulis pada Minggu, 26 Februari.

Menurut Denon, RI mengedepankan investasi di sektor pembangunan berkelanjutan (sustainable infrastructure).

“Secara jelas kami konfirmasi bahwa Kanada tengah berupaya untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan tersebut,” tuturnya.

Meski begitu, Denon mengungkapkan upaya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan memiliki tantangan tersendiri bagi Indonesia.

“RI merupakan negara kepulauan sehingga para calon investor harus mempunyai sistem yang benar-benar tepat, khususnya dibidang transportasi,” tegas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid mengungkapkan ASEAN memiliki empat pilar program yaitu digital transformation, sustainable development, result resilient, dan food security. Melalui keempat pilar inilah kerja sama Kadin Indonesia akan diarahkan.

“Kerja sama bisnis antara Kadin Indonesia dan Canada Business Council diharapkan bisa segera terwujud sehingga bisa membawa dampak yang positif bagi pembangunan di Tanah Air,” katanya.

Sebagai informasi, pemerintah bersama Kadin saat ini terus mendorong peran aktif Kanada untuk segera merealisasikan pembangunan Green Airport di Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai implementasi dari dekarbonisasi. Selain itu, terus diupayakan pula usaha-usaha strategis dalam mendongkrak hasil perikanan setempat.

Tidak hanya itu, sektor swasta dan pengusaha juga didorong untuk melakukan investasi dengan perancangan skema kesepakatan yang saling menguntungkan.