Daerah Penghasil Sarang Burung Walet di Indonesia, Diekspor ke China hingga Amerika
Ilustrasi penghasil sarang burung walet (ANTARA-Syifa Y)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sarang burung walet menjadi produk memiliki nilai jual tinggi. Sarang burung walet banyak dicari karena memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dalam bisnis sarang burung walet, Indonesia termasuk produsen terbesar di dunia. Ada sejumlah daerah penghasil sarang burung walet. 

Indonesia mengisi 80 persen dari total produksi sarang burung walet di dunia. Selama tahun 2022, Indonesia berhasil mengekspor sebanyak 1.502 ton sarang burung walet. Jumlah ekspor tersebut mengalami peningkatan 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.324 ton. 

Bambang Kepala Barantan Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan bahwa perdagangan ekspor sarang burung walet di Indonesia dibagi dalam dua jenis. Pertama, ekspor dilakukan untuk tujuan ke China melalui mekanisme protokol General Administration of Customs of the people’s Republic of China (GACC). Kedua, ekspor untuk tujuan negara selain China dengan protokol yang lebih sederhana. 

Daerah Penghasil Sarang Burung Walet

Dari ribuan ton yang diekspor, sarang burung walet tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, NTB, dan lainnya. Berikut sejumlah daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil sarang burung walet. 

Jawa Tengah 

Ekspor sarang burung walet di Jawa Tengah melonjak signifikan pada masa pandemi COVID-19. Sarang burung walet menjadi hasil peternakan unggulan bagi provinsi ini dalam dua tahun terakhir. 

Pada tahun 2020, nilai ekspor sarang burung walet di Jateng mencapai Rp1,4 triliun. Di tahun tersebut, sebanyak 64 ton sarang walet berhasil diekspor. Produk sarang burung walet dihasilkan dari peternak di sejumlah daerah, seperti Demak, Semarang, Rembang, Magelang. 

Hasil sarang burung walet di Jateng diekspor ke beberapa negara di Asia hingga Amerika. Negara tujuannya yaitu Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Australia, Kanada, Thailand, dan Amerika Serikat. 

Kalimantan Selatan

Daerah penghasil sarang burung walet lainnya di Indonesia yaitu Kalimantan Selatan. Produksi sarang burung walet di provinsi ini mencapai ratusan ton setiap tahunnya. Sarang burung walet tersebut diekspor ke berbagai negara untuk diolah menjadi produk kesehatan, kecantikan, hingga makanan.

Pada tahun 2021, data dari IQFAST Karantina Pertanian Banjarmasin mencatat produksi sarang burung walet di Kalsel mencapai 252 ton. Jumlah tersebut tercatat dalam aktivitas ekspor lalu lintas keluar antararea melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Selain itu,  sebanyak 155 rumah walet di Kalsel telah terintegrasi dari 14 perusahaan dengan engara tujuan ekspor China. 

Sumatera Utara

Sumatera Utara juga menjadi daerah penghasil sarang burung walet. Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian Medan rutin melakukan penelitian untuk mengetahui keunggulan dan posisi daya saing ekspor sarang burung walet Indonesia. 

Berdasarkan data IQFAST, Karantina Pertanian Medan mencatat ekspor sarang burung walet mencapai frekuensi 1.293 kali dengan nilai ekonomi Rp4.386 triliun pada periode Januari sampai Oktober 2021. Peningkatan ekspor terjadi di tahun berikutnya, yakni pada periode Januari sampai September 2022 mencapai frekuensi 1.573 kali dengan nilai ekonomi hingga Rp6.062 triliun. 

Manfaat Sarang Burung Walet

Alasan sarang burung walet dijual dengan harga tinggi adalah karena khasiat atau manfaatnya. Sarang burung walet memiliki sejumlah kandungan seperti fenilalanin, mineral, antioksidan, kalsium dan sebagainya yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut sejumlah manfaat sarang burung walet: 

  • Sumber Mineral
  • Mengandung Antioksidan Tinggi untuk Mencegah Kanker
  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kolesterol
  • Mengandung Asam Amino Tinggi
  • Meningkatkan Imun Tubuh
  • Menjaga Kesehatan Kulit untuk mencerahkan dan meregenerasi kulit
  • Mengandung glisin yang tinggi untuk mengendalikan kadar gula darah
  • Mencegah resistensi Insulin untuk mengurangi risiko diabetes

    Mengurangi Dampak Nikotin dari Rokok 

  • Meningkatkan kesehatan otak dan mencegah depresi
  • Melakukan detoksifikasi dalam tubuh untuk menjaga fungsi hati

Demikianlah ulasan mengenai daerah penghasil sarang burung walet di Indonesia. Produk sarang burung walet dari sejumlah daerah tersebut sudah memiliki langganan ekspor ke 24 negara, mulai dari Amerika Serikat, Kanada, Thailand, Australia, Hongkong, Singapura, Prancis, dan sebagainya. Sementara untuk jumlah ekspor terbanyak dikirim untuk tujuan China.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.