Kelanjutan Wacana Harga BBM Diumumkan Tiap Minggu, Ini Kata Dirut Pertamina
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. (Dok. Pertamina)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menanggapi usulan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir yang ingin harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diumumkan tiap pekan.

Nicke bilang, hal tersebut masih merupakan usulan dan belum akan ditetapkan sebab keputusan terkiait kebijakan tersebut bukan wewenang Pertamina.

"Belum ada pembahasan karena kewenangan memang di Kementerian ESDM," ujarnya kepada media yang dikutip Sabtu 11 Februari.

Nicke tidak menutup kemungkinan kebijakan ini akan berjalan asal Pemerintah melalui Kementerian ESDM membuat kebijakan dan aturan terkait usulan Menteri BUMN.

"Kalau ada kebijakannya ya mungkin saja," pungkas Nicke.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir meminta agar pengumuman harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax dapat diumumkan seminggu sekali.

Alasannya, kata Erick, karena harga Pertamax mengikuti harga pasar.

Erick pun mengaku selama ini kerap terjebak dengan birokrasi dan sulit menyesuaikan harga pasar.

“Agar harga Pertamax di Indonesia bisa diumumkam tiap minggu. Supaya sesuai dengan harga pasar, jangan kita terjebak di birokrasi harga bensinnya turun aturannya belum keluar,” kata Erick dalam konfrensi pers awal tahun 2023, Senin, 2 Januari.