Biaya penerbangan Tinggi, Menhub Minta Gubernur Sultra Sediakan Terminal Avtur
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan kepada pemerintah daerah yaitu Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk membangun terminal khusus avtur, bahan bakar pesawat yang menjadi penyebab utama biaya penerbangan tinggi.

"Avtur sebagai bahan bakar pesawat merupakan penyebab utama tingginya biaya penerbangan, dan membuat beberapa bandara tidak beroperasi. Oleh karena itu untuk memperlancar kehadiran sebuah transportasi udara di daerah, pemda harus menyiapkan terminal khusus avtur," kata Menhub, seperti disampaikan Asisten I Pemprov Sultra Muhammad Ilyas Abibu, mengutip Antara.

Menurut Ilyas Abibu, pernyataan Menhub untuk menyediakan terminal avtur tersebut saat Gubernur Sultra Ali Mazi bersama beberapa pejabat eselon dua melakukan pertemuan dengan Menhub di Jakarta, K.

Ia mengatakan, ada empat poin penegasan Menhub dalam pertemuan itu, di antaranya tentang perpanjangan runway Bandara Botoambari Baubau.

Menhub setuju untuk memperpanjang runway tersebut. Kemudian kementerian siap untuk membantu anggaran di tahun anggaran 2023 ini.

Sementara itu, Gubernur Ali Mazi mengatakan untuk mengembangkan Bandara Betoambari Kota Baubau yang diharapkan dapat menunjang transportasi di Pulau Buton. Hal ini untuk menunjang kesiapan investasi aspal buton nantinya yang ditarget untuk memenuhi aspal nasional.

Dia menyatakan perpanjangan runway Bandara Botoambari Baubau disetujui Menhub. Kemudian kementerian siap untuk membantu anggaran di tahun anggaran 2023 ini.

Selain perpanjangan runway Bandara Betoambari Baubau, Menhub juga menganjurkan kepada Gubernur Ali Mazi agar membenahi sisi darat bandara serta Pemprov Sulsel agar mencari mitra kerja sama dengan pihak swasta.

Ia menjelaskan pula tentang arahan Menhub terkait pengembangan Bandara Betoambari Baubau. Avtur sebagai bahan bakar pesawat merupakan penyebab utama tingginya biaya penerbangan dan membuat beberapa bandara tidak beroperasi. Terkait dengan itu, Menhub menganjurkan kepada Gubernur Ali Mazi agar menyiapkan terminal khusus avtur.

“Kemudian yang kedua ikut dibicarakan adalah terkait dengan terminal avtur di Bandara Betoambari Baubau. Karena salah satu yang menyebabkan tingginya biaya itu kan masalah avtur. Perlu disiapkan termasuk di Wakatobi," ujarnya.

Yang ketiga terkait penerbangan Wakatobi, Baubau, Kendari, dan Makassar, Gubernur Ali Mazi juga telah memberikan penyampaian kepada Menhub bahwa akan memanggil Bupati Buton dan Wali Kota Baubau untuk bersama-sama menyubsidi jalur Kendari-Baubau atau sebaliknya.

"Dengan adanya subsidi itu akan memberikan peluang bagi penerbangan agar tarif tiketnya itu tidak terlalu mahal atau diturunkan,” ujar Gubernur Ali Mazi.