Bangun Rumah atau Beli Rumah? Simak Keuntungan dan Kelebihannya
Ilustrasi rumah baru (Unsplash/Tierra Mallorca)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pasangan muda atau keluarga baru yang bingung memilih bangun rumah atau beli rumah. Membangun rumah dari awal disebut lebih menyenangkan karena kita bisa memilih sendiri desain bangunannya. Namun banyak yang memilih beli rumah karena lebih praktis dan nggak ribet. 

Rencana untuk punya rumah memang bukan hal yang bisa dicapai dengan mudah. Biaya yang dibutuhkan pastinya tidak sedikit. Mau bangun rumah ataupun beli rumah sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Bangun Rumah atau Beli Rumah?

Keputusan untuk memiliki hunian memang harus melalui pertimbangan yang matang. Banyak orang memang sering bimbang ingin membangun rumah dari awal atau membeli rumah langsung jadi. Berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan keduanya. 

Kelebihan Beli Rumah

1. Menekan Biaya

Beli rumah disebut lebih hemat dibanding pengeluaran untuk membangun rumah baru. Saat ingin beli rumah, budget yang harus anda keluarkan bisa diperhitungkan. Jadi anda tinggal menyiapkan daan sesuai dengan harga pokok hunian apabila anda membayarnya secara tunai. Anda perlu menyiapkan DP atau uang muka jika membeli rumah secara kredit.

2. Lebih Praktis

Alasan lain mengapa banyak orang lebih memilih beli rumah jadi adalah karena lebih praktis. Saat membeli rumah jadi, anda tidak perlu repot merencanakan bangun rumah dan tetek bengeknya. Mulai dari membeli material, mencari tenaga tukang, membuat desain rumah, dan lainnya. Beli rumah jadi tinggal terima beres, anda bisa langsung menempati hunian baru. 

Kekurangan Beli Rumah

1. Rumah Tak Sesuai Selera

Risiko yang akan anda rasakan saat membeli rumah baru sebagai hunian adalah desain bangunan yang tidak sesuai keinginan. Apalagi jika anda mengambil hunian di residensial bertipe cluster karena rumah cluster memiliki desain bangunan yang seragam. 

2. Pemanfaatan Lahan Kurang Maksimal

Rumah baru di pasaran perumahan biasanya memiliki luas lahan yang lebih kecil dari luas tanah. Luas bangunannya rata-rata hanya 60 hingga 70 persen dari luas tanah. Jadi salah satu risiko anda membeli rumah jadi adalah lahannya yang terbatas. Hal ini bisa menghambat keinginan untuk mengembangkan rumah di kemudian hari.

3. Bunga Pinjaman Besar

Risiko beban bunga pinjaman ini harus ditanggung bagi anda yang membeli rumah sistem KPR. Anda perlu membayar cicilan pokok beserta bunga setiap bulannya. Apabila anda menghitungnya sampai tagihan lunas, maka total bunganya sangatlah besar. 

Kelebihan Membangun Rumah dari 0

1. Desain Rumah Sesuai Keinginan

Saat membangun rumah dari awal, anda bisa memilih atau membuat desain sesuai keinginan. Anda bisa mencari referensi dari berbagai hunian yang desainnya sesuai selera anda. 

Anda juga bisa meminta arsitek atau tukang membuat ruang-ruang tambahan dan lainnya. Dengan begitu ruang-ruang yang ada di rumah Anda bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi anda bisa memiliki hunian yang sesuai impian dan nyaman ditinggali.

2. Pemanfaatan Lahan yang Maksimal

Keuntungan lain dari membangun rumah dari awal adalah bisa memanfaatkan lahan secara maksimal. Anda bisa memanfaatkan lahan tersisa untuk sejumlah hal, seperti menanami pohon, membuat kebun, membuat kandang atau ternak, hingga membuka bisnis. 

Kekurangan Membangun Rumah dari Awal

1. Biaya yang Mahal

Membangun rumah dari awal memang disebut membutuhkan biaya yang cukup banyak. Saat anda membangun rumah dari nol, kemungkinan biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibanding membeli rumah jadi. Sejumlah biaya yang harus anda keluarkan di antaranya, harus membeli tanah terlebih dahulu, membeli material, membayar jasa tukang, dan lainnya. Belum lagi ada biaya administrasi dan sebagainya. 

2. Proses Kurang Praktis

Harus diakui bahwa membangun rumah dari awal memang prosesnya tidak sepraktis membeli rumah jadi. Anda harus repot-repot menyiapkan berbagai keperluan pembangunan rumah seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, anda juga harus menunggu hingga rumah rampung dikerjakan. 

Demikianlah ulasan mengenai bangun rumah atau beli rumah? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika budget anda tidak terlalu banyak, lebih baik memilih beli rumah jadi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.