Bagikan:

JAKARTA – SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd menerima kunjungan Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor di kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, belum lama ini.

Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor mengharapkan, agar SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dapat meluruskan kembali informasi yang keliru terkait pengembangan masyarakat dan persoalan rekrutmen tenaga kerja lokal kepada masyarakat di daerah.

Terkait kecelakaan kerja yang terjadi beberapa waktu lalu, Afriansyah menyebut penanganan yang dilakukan oleh SKK Migas dan PetroChina terhadap korban sudah dilakukan dengan baik.

"Pesan saya, tidak hanya PetroChina, tetapi seluruh perusahaan yang khususnya berinvestasi di Indonesia ini dapat menjaga semua pekerjaan sesuai dengan prosedur, tidak hanya memperhatikan keselamatan kerja saja, namun juga diharapkan dapat memperhatikan asuransi pekerjanya, bagaimana kesejahteraan para pekerja ini dipastikan oleh perusahaan yang mempekerjakan," ujar Afriansyah dalam keterangan resminya, Senin, 16 Januari.

Afriansyah memastikan pemerintah tidak akan menghambat kegiatan perusahaan yang berinvestasi di Indonesia, namun tetap menekankan aspek keselamatan kerja.

Selain itu, dia meminta penyerapan tenaga kerja lokal lebih dioptimalkan untuk dipekerjaan di PetroChina.

"Kami lihat lagi nanti tenaga-tenaga yang berkompeten dan mempunyai skill, bahkan pihak pemerintah daerah bersama seluruh perusahaan dapat memberikan wadah agar dapat menciptakan skill bagi SDM lokal dengan memberikan pelatihan-pelatihan khusus agar layak dipekerjakan," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Afriansyah juga menyampaikan bahwa semua sistem kerja di internal PetroChina sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, termasuk juga prosedur rekrutmen tenaga kerja lokal.

Sementara itu, Vice President Human Resources & Relations PetroChina Dencio Renato menuturkan, kunjungan Wamenaker Arfiansyah Noor ke Jambi guna melihat langsung lokasi kecelakaan kerja beberapa waktu lalu.

Terkait korban yang masih dirawat, kata Dencio, pihaknya melalui perusahaan jasa pengeboran akan memenuhi seluruh tanggung jawab para pekerja.

"Selain menanggung biaya perawatan ketiga korban, perusahaan juga menyediakan fasilitas hotel dan bantuan uang makan bagi anggota keluarga yang mendampingi selama masa perawatan," ujar Dencio.

Sekadar informasi, SKK Migas bersama PetroChina memastikan bahwa perusahaan (rekanan) akan menanggung seluruh biaya penanganan korban dan akan memberikan jaminan kecelakaan kerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta meminta KKKS PetroChina untuk mendukung upaya-upaya terbaik dalam penanganan medisnya.

Adapun SKK Migas dan KKKS memiliki incident rate/IR atau tingkat insiden kecelakaan kerja yang sangat rendah di dunia atau 0,25 dengan jumlah jam kerja 310 juta.

Capaian ini merupakan capaian incident rate terendah dibawah rata-rata perusahaan gas dunia selama 10 tahun terakhir.

Caption: Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor berkunjung ke Jambi terkait pengembangan masyarakat dan persoalan rekrutmen tenaga kerja lokal kepada masyarakat di daerah.