Bagikan:

JAKARTA - Sepekan pada tahun ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) langsung tancap gas mencatatkan saham pendatang baru. Bahkan, empat saham datang sekaligus pada hari ini (Jumat, 6 Januari).

Saham-saham tersebut antara lain, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER), PT Mitra Tirta Buwana Tbk (SOUL), PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT), dan PT Citra Buana Prasida Tbk (CBPE).

Secara rinci mengutip keterangan BEI, harga perdana BEER Rp220 dengan saham yang dicatatkan 4 miliar. Kemudian, saham SOUL Rp110 dengan jumlah saham 1,08 miliar.

Saham ELIT Rp120 dengan jumlah saham 2,03 miliar dan saham CBPE dengan jumlah saham 1,36 miliar.

Atas pencatatan itu, masing-masing saham menghasilkan kapitalisasi pasar Rp880 miliar (BEER), Rp119,07 miliar (SOUL), Rp243,77 miliar (ELIT), dan Rp203,44 miliar (CBPE).

Dengan begitu, BEI telah mendapatkan tambahan kapitalisasi pasar sebesar Rp1,45 triliun dari empat saham itu.

Adapun nilai kapitalisasi pasar tersebut terbentuk atas harga perdana dan jumlah saham yang dicatatkan. Pada perkembangannya, nilai kapitalisasi pasar saham akan berubah seiring dengan pergerakkan harganya.

Sebagai tambahan informasi, pada bulan ini BEI masih menyimpan enam pencatatan saham lainnya. Di antaranya, akan berlangsung pada 9 Januari untuk dua perusahaan yakni PT Sunindo Pratama Tbk (SUNN) dan PT Cakra Buana Resource Energi Tbk (CBRE).

Berselang sehari atau tepatnya pada 10 Januari, ada pencatatan saham PT Hatten Bali Tbk yang akan memakai kode WINE. Sehari kemudian atau pada 11 Januari dilanjutkan dengan pencatatan saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk dan PT Penta Valent Tbk 24 Januari PT lavender Bina Cendika Tbk dengan kode BMBL.

Serta pada 24 Januari, menjadi tanggal pencatatan PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) dan PT Penta Valent Tbk (PEVE).