Habiskan Anggaran Rp396,6 Miliar, SPAM Durolis yang Diresmikan Jokowi Bakal Penuhi Kebutuhan Air Minum 160.000 Jiwa di Riau
Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) di Rokan Hilir, Riau. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) di Rokan Hilir, Riau, pada Kamis, 5 Januari.

Seperti diketahui, SPAM Regional Durolis telah dibangun Kementerian PUPR sejak 2017 hingga 2021 melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Adapun lingkup pekerjaannya meliputi, pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA), reservoir, perpipaan Jaringan Distribusi Utama (JDU), offtake, dan Sambungan Rumah (SR).

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, sumber air baku SPAM Regional Durolis diambil dari Sungai Rokan melalui Intake Air Baku berkapasitas 1.650 liter per detik yang dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

"Untuk tahap I, IPA yang kami siapkan tahun 2017-2018 kapasitasnya 400 liter per detik, masih bisa kami tambahkan 1.100 liter per detik lagi. Diharapkan dari 400 liter per detik itu pada tahun 2023 bisa tersambung 32.000 SR, karena saat ini baru tersambung 8.000 SR," kata Diana dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 5 Desember.

Penyambungan 32.000 SR dengan kapasitas 400 liter per detik ini, nantinya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air minum bagi 160.000 jiwa. Selanjutnya, akan dilakukan penambahan kapasitas melalui pembangunan tahap II, yakni sebesar 400 liter per detik, tahap III sebesar 400 liter per detik, dan tahap IV sebesar 300 liter per detik.

BACA JUGA:


- https: per per voi.id per ekonomi per 242018 per pantau-proyek-politeknik-pu-semarang-yang-telan-biaya-rp408-miliar-menteri-basuki-beri-catatan-soal-detail-area

- https: per per voi.id per ekonomi per 241837 per pembangunan-huntap-untuk-masyarakat-terdampak-gempa-cianjur-ditarget-rampung-sebelum-lebaran

- https: per per voi.id per ekonomi per 241881 per jokowi-akui-sosok-ini-adalah-menteri-andalannya

- https: per per voi.id per ekonomi per 241351 per tiga-investor-siap-bangun-kawasan-perumahan-di-ikn-salah-satunya-summarecon-milik-konglomerat-soetjipto-nagaria

[ per see_also]

Setelah peresmian ini, kata Diana, pihaknya berharap pengelolaan SPAM Regional Durolis dapat segera diserahterimakan kepada Pemprov Riau untuk dioperasikan melalui UPT SPAM Regional.

"Mohon nanti setelah diserahkan, Pemprov Riau dapat melakukan operasional dan pemeliharaan dengan sebaik-baiknya, serta bisa juga menambah kapasitas dan sambungan rumahnya sesuai target rencana yang diharapkan," ucapnya.

Pada kesempatan sama, Presiden Joko Widodo berpesan untuk melanjutkan pengembangan SPAM agar seluruh potensi kapasitasnya bisa termanfaatkan.

"Semoga dengan adanya SPAM ini, kualitas air minum yang dimanfaatkan masyarakat menjadi lebih baik, salah satunya untuk mengatasi stunting," imbuhnya.

Sekadar informasi, Pembangunan SPAM Regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) di Riau telah menghabiskan anggaran sebesar Rp396,6 miliar dan memanfaatkan lahan seluas lima hektare yang disediakan oleh Pemkab Rokan Hilir.