PT TWC Targetkan 2,2 Juta Wisawatan Kunjungi Candi Borobudur di 2023
Ilustrasi Candi Borobudur. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur di tahun 2023 sebanyak 2,2 juta orang, baik itu wisatawan mancanegara maupun domestik.

General Manager PT TWC Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi berharap di tahun ini, sudah ada izin pengunjung boleh naik ke bangunan candi. Sehingga hal itu bisa menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung ke Candi Borobudur.

“Dengan wisatawan boleh naik ke bangunan candi, tentu hal ini sedikit banyak mulai menghapus stigma bahwa berkunjung ke Candi Borobudur mahal,” katanya dalam keterangan ditulis Rabu, 4 Desember.

Jamaludin mengaku, target kunjungan sebanyak 1,6 juta orang belum bisa terpenuhi 100 persen pada 2022. Dari target yang dipasang, hanya mampu tercapai 92 persen.

Padahal, sambung Jamaludin, TWC berharap target kunjungan tersebut bisa ditutup pada masa ramai libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Dia menambahkan, estimasi perusahaan pada puncak kunjungan dapat mencapai 24.000 orang. Tetapi, realisasinya hanya sekitar 11.000 orang pada 27 Desember 2022.

“Tetapi kondisinya ternyata juga belum menggembirakan,” ucapnya.

Jamaludin berujar, pada libur Natal dan Tahun Baru 2023 rata-rata pengunjung sekitar 9.000 hingga 10.000 orang per hari.

Namun, Jamaludin berharap, dengan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, kunjungan wisatawan ke candi Buddha terbesar di dunia ini semakin meningkat.