Belajar Saham dari Nol Biar Cepet Kaya, Begini Tipnya...
Belajar Saham Dari Nol (Gambar Maxim Hopman - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Acara berita, film, dan TV semuanya berasumsi bahwa Anda tahu apa itu pasar saham dan cara kerjanya. Semua orang tahu bahwa Anda dapat menghasilkan banyak uang di pasar saham jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, tetapi para pemula sering tidak mengerti bagaimana pasar bekerja dan mengapa saham naik dan turun. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang pasar saham sebelum mulai berinvestasi.

Bagaimana Cara Belajar Saham Dari Nol?

Apa itu pasar saham?

Saham, yang juga disebut ekuitas, adalah sekuritas yang memberi pemegang saham kepemilikan di perusahaan publik. Ini adalah taruhan nyata dalam bisnis, dan jika Anda memiliki semua saham bisnis, Anda mengontrol cara bisnis beroperasi. Pasar saham mengacu pada kumpulan saham yang dapat dibeli dan dijual oleh masyarakat umum di berbagai bursa yang berbeda.

Dari mana stok berasal? Perusahaan publik menerbitkan saham sehingga mereka dapat mendanai bisnis mereka. Investor yang mengira bisnis akan makmur di masa depan membeli saham-saham tersebut. Pemegang saham mendapatkan dividen ditambah apresiasi dalam harga saham. Mereka juga dapat menyaksikan investasi mereka menyusut atau hilang sama sekali jika perusahaan kehabisan uang.

Pasar saham sebenarnya adalah semacam aftermarket, di mana orang yang memiliki saham di perusahaan tersebut dapat menjualnya kepada investor yang ingin membelinya. Perdagangan ini terjadi di bursa saham, seperti New York Stock Exchange atau Nasdaq. Di tahun-tahun sebelumnya, para pedagang biasa pergi ke lokasi fisik — lantai bursa — untuk berdagang, tetapi sekarang hampir semua perdagangan dilakukan secara elektronik.

Ketika orang berita mengatakan, "pasar naik hari ini," biasanya mereka mengacu pada kinerja Standard & Poor's 500 atau Dow Jones Industrial Average. S&P 500 terdiri dari sekitar 500 perusahaan besar yang diperdagangkan secara publik di AS, sedangkan Dow mencakup 30 perusahaan besar. Ini melacak kinerja koleksi saham dan menunjukkan bagaimana keadaan mereka pada hari perdagangan itu dan dari waktu ke waktu.

Namun, meskipun orang menyebut Dow dan S&P 500 sebagai "pasar", itu sebenarnya adalah indeks saham. Indeks ini mewakili beberapa perusahaan terbesar di AS, tetapi bukan total pasar, yang mencakup ribuan perusahaan publik.

Tentu saja, Anda memerlukan akun broker sebelum mulai berinvestasi di saham. Saat Anda memulai, berikut adalah delapan panduan lagi untuk berinvestasi di pasar saham.

Ilustrasi Belajar Saham (Gambar Mimi Thian - Unsplash)
Ilustrasi Belajar Saham (Gambar Mimi Thian - Unsplash)

Cara berinvestasi saham, Beberapa tips untuk pemula

Beli investasi yang tepat

Membeli saham yang tepat jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Siapa pun dapat melihat saham yang berkinerja baik di masa lalu, tetapi mengantisipasi kinerja saham di masa mendatang jauh lebih sulit. Jika Anda ingin sukses dengan berinvestasi pada saham individu, Anda harus siap melakukan banyak pekerjaan untuk menganalisis perusahaan dan mengelola investasi.

“Ketika Anda mulai melihat statistik, Anda harus ingat bahwa para profesional melihat setiap perusahaan itu dengan lebih teliti daripada yang mungkin dapat Anda lakukan sebagai individu, jadi ini adalah permainan yang sangat sulit bagi individu untuk menang. dari waktu ke waktu,” kata Dan Keady, CFP, kepala strategi perencanaan keuangan di TIAA.

Jika Anda menganalisis perusahaan, Anda pasti ingin melihat fundamental perusahaan – laba per saham (EPS) atau rasio harga-pendapatan (rasio P/E), misalnya. Tetapi Anda harus melakukan lebih banyak lagi: menganalisis tim manajemen perusahaan, mengevaluasi keunggulan kompetitifnya, mempelajari keuangannya, termasuk neraca dan laporan laba ruginya. Bahkan barang-barang ini hanyalah permulaan.

Keady mengatakan keluar dan membeli saham di produk atau perusahaan favorit Anda bukanlah cara yang tepat untuk berinvestasi. Juga, jangan terlalu percaya pada kinerja masa lalu karena itu bukan jaminan masa depan.

Anda harus mempelajari perusahaan dan mengantisipasi apa yang akan terjadi selanjutnya, pekerjaan yang sulit di saat yang tepat.

Hindari saham individu jika Anda seorang pemula

Setiap orang pernah mendengar seseorang berbicara tentang kemenangan saham yang besar atau pemilihan saham yang hebat.

“Apa yang mereka lupakan adalah bahwa sering kali mereka tidak berbicara tentang investasi khusus yang juga mereka miliki yang kinerjanya sangat, sangat buruk dari waktu ke waktu,” kata Keady.

“Jadi terkadang orang memiliki ekspektasi yang tidak realistis tentang pengembalian yang dapat mereka hasilkan di pasar saham. Dan terkadang mereka mengacaukan keberuntungan dengan keterampilan. Terkadang Anda bisa beruntung memilih satu saham. Sulit untuk beruntung dari waktu ke waktu dan juga menghindari penurunan besar itu.”

Ingat, untuk menghasilkan uang secara konsisten dalam saham individu, Anda perlu mengetahui sesuatu yang pasar berwawasan ke depan belum menetapkan harga ke dalam harga saham. Perlu diingat bahwa untuk setiap penjual di pasar, ada pembeli untuk saham yang sama yang sama-sama yakin akan untung.

Buat portofolio yang terdiversifikasi

Salah satu keuntungan utama dari dana indeks adalah Anda segera memiliki berbagai saham dalam dana tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki dana yang terdiversifikasi secara luas berdasarkan S&P 500, Anda akan memiliki saham di ratusan perusahaan di berbagai industri. Tapi Anda juga bisa membeli dana yang terdiversifikasi sempit yang berfokus pada satu atau dua industri.

Diversifikasi itu penting karena mengurangi risiko salah satu saham dalam portofolio sangat merugikan kinerja keseluruhan, dan itu benar-benar meningkatkan pengembalian Anda secara keseluruhan. Sebaliknya, jika Anda hanya membeli satu saham individu, Anda benar-benar memiliki semua telur Anda dalam satu keranjang.

Cara termudah untuk membuat portofolio luas adalah dengan membeli ETF atau reksa dana. Produk memiliki diversifikasi yang tertanam di dalamnya, dan Anda tidak perlu melakukan analisis apa pun terhadap perusahaan yang dimiliki dalam dana indeks.

“Ini mungkin bukan yang paling menarik, tapi ini cara yang bagus untuk memulai,” kata Keady. “Dan lagi, itu membuat Anda berpikir bahwa Anda akan menjadi sangat pintar, bahwa Anda akan dapat memilih saham yang akan naik, tidak akan turun dan tahu kapan harus masuk dan dari mereka."

Dalam hal diversifikasi, itu tidak hanya berarti banyak saham yang berbeda. Ini juga berarti investasi yang tersebar di antara industri yang berbeda – karena saham di sektor serupa dapat bergerak ke arah yang sama untuk alasan yang sama.

Bersiaplah untuk penurunan

Masalah tersulit bagi sebagian besar investor adalah menanggung kerugian dalam investasi mereka. Dan karena pasar saham dapat berfluktuasi, Anda akan mengalami kerugian dari waktu ke waktu. Anda harus menguatkan diri untuk menangani kerugian ini, atau Anda akan cenderung membeli tinggi dan menjual rendah saat panik.

Selama Anda mendiversifikasi portofolio Anda, satu saham apa pun yang Anda miliki seharusnya tidak terlalu berdampak pada pengembalian keseluruhan Anda. Jika ya, membeli saham individual mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Bahkan dana indeks akan berfluktuasi, jadi Anda tidak dapat menghilangkan semua risiko Anda, cobalah sebisa mungkin.

“Setiap kali pasar berubah, kami memiliki kecenderungan untuk mencoba mundur atau menebak-nebak kesediaan kami untuk masuk,” kata Madsen dari NewLeaf.

Itulah mengapa penting untuk mempersiapkan diri menghadapi penurunan yang bisa muncul entah dari mana, seperti yang terjadi di tahun 2020. Anda perlu mengatasi volatilitas jangka pendek untuk mendapatkan pengembalian jangka panjang yang menarik.

Dalam berinvestasi, Anda perlu tahu bahwa Anda bisa saja kehilangan uang, karena saham tidak memiliki jaminan pokok. Jika Anda mencari pengembalian yang dijamin, mungkin CD dengan hasil tinggi mungkin lebih baik.

Konsep volatilitas pasar mungkin sulit dipahami oleh investor baru dan bahkan berpengalaman, Keady memperingatkan.

“Salah satu hal yang menarik adalah orang akan melihat pasar bergejolak karena pasar sedang turun,” kata Keady. “Tentu saja, ketika naik, itu juga fluktuatif – setidaknya dari sudut pandang statistik – bergerak ke mana-mana. Jadi, penting bagi orang untuk mengatakan bahwa volatilitas yang mereka lihat di sisi atas, mereka juga akan melihat sisi negatifnya.”

Cobalah simulator pasar saham sebelum menginvestasikan uang sungguhan

Salah satu cara memasuki dunia investasi tanpa mengambil risiko adalah dengan menggunakan simulator saham. Menggunakan akun perdagangan online dengan dolar virtual tidak akan membahayakan uang nyata Anda. Anda juga akan dapat menentukan bagaimana Anda akan bereaksi jika ini benar-benar uang Anda yang Anda peroleh atau hilangkan.

“Itu bisa sangat membantu karena dapat membantu orang mengatasi keyakinan bahwa mereka lebih pintar dari pasar, bahwa mereka selalu dapat memilih saham terbaik, selalu membeli dan menjual di pasar pada waktu yang tepat,” kata Keady.

Bertanya pada diri sendiri mengapa Anda berinvestasi dapat membantu menentukan apakah berinvestasi di saham cocok untuk Anda.

“Jika pemikiran mereka adalah bahwa mereka entah bagaimana akan mengungguli pasar, memilih semua saham terbaik, mungkin merupakan ide bagus untuk mencoba beberapa jenis simulator atau menonton beberapa saham dan melihat apakah Anda benar-benar dapat melakukannya,” kata Keady. “Kemudian jika Anda lebih serius berinvestasi dari waktu ke waktu, maka saya pikir Anda jauh lebih baik – hampir semua dari kita, termasuk saya – memiliki portofolio yang terdiversifikasi seperti yang disediakan oleh reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa.”

Mulailah sekarang

Memilih peluang sempurna untuk terjun dan berinvestasi di pasar saham biasanya tidak berjalan dengan baik. Tidak ada yang tahu dengan kepastian 100 persen waktu terbaik untuk masuk. Dan investasi dimaksudkan sebagai aktivitas jangka panjang. Tidak ada waktu yang tepat untuk memulai.

“Salah satu poin inti dalam berinvestasi bukan hanya memikirkannya, tetapi untuk memulainya,” kata Keady. “Dan mulai sekarang. Karena jika Anda berinvestasi sekarang, dan seringkali dari waktu ke waktu, peracikan itu adalah hal yang benar-benar dapat mendorong hasil Anda. Jika Anda ingin berinvestasi, sangat penting untuk benar-benar memulai dan memiliki program tabungan yang berkelanjutan, sehingga kita dapat mencapai tujuan kita dari waktu ke waktu.”

Jadi setelah mengetahui belajar saham dari nol, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!