Kenali Manfaat Asuransi Properti untuk Jaminan Perlindungan Hunian Anda
Ilustrasi asuransi properti (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tren pembelian produk asuransi semakin meningkat seiring  berjalan tahun dan semakin banyak orang yang melek finansial. Salah satu jenis asuransi yang banyak digemari adalah asuransi properti. Banyak yang ingin mendapatkan manfaat asuransi properti untuk perlindungan hunian atau rumah mereka. 

Selama ini jenis produk asuransi yang banyak digunakan orang adalah asuransi jiwa dan kesehatan. Selain kudua asuransi tersebut, asuransi properti juga sangat penting untuk dimiliki. Asuransi properti adalah bentuk perlindungan suatu properti atau rumah dari berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi. 

Asuransi properti berguna untuk memberikan jaminan perlindungan pada hunian anda, seperti rumah dan kegiatan usaha. Sebelum memutuskan membeli polis asuransi ini, anda perlu tahu manfaat asuransi properti bagi kehidupan anda. 

Manfaat Asuransi Properti

Asuransi properti memiliki sejumlah manfaat yang penting bagi kehidupan anda sebagai nasabah asuransi atau pemilik polis. Asuransi properti memberikan perlindungan terhadap beberapa risiko yang melanda hunian anda, seperti terkena musibah dan dari kecelakaan pada isi rumah anda. 

Berikut manfaat yang akan anda dapatkan ketika memiliki asuransi properti:

Ganti Rugi karena Bencana Alam

Salah satu manfaat yang disediakan dari asuransi properti adalah perlindungan ketika mengalami bencana alam. Asuransi ini akan memberikan penggantian biaya terhadap properti yang rusak akibat bencana alam, seperti letusan gunung, gempa bumi, angin puting beliung, tanah longsor, dan sebagainya. 

Banyak penyedia atau perusahaan asuransi yang tidak hanya memberikan penggantian biaya saja. Namun penyedia asuransi properti bahkan juga menyediakan tempat sementara untuk tinggal bagi nasabah yang dilanda bencana. Selain itu, ada juga biaya akomodasi yang diberikan hingga rumah sudah kembali aman untuk ditinggali.

Ganti Rugi Akibat Kebakaran

Asuransi properti tidak hanya menanggung perlindungan hunian yang rusak akibat bencana alam. Asuransi ini juga memberikan penggantian biaya terhadap properti yang mengalami kebakaran. Penyedia asuransi akan menanggung ganti rugi kerusakan properti sesuai nilai tanggungannya. 

Ganti Rugi karena Kehilangan Harta atau Benda

Kehilangan harta dan benda juga akan mendapat pertanggungjawaban dari asuransi properti. Asuransi ini akan memberikan biaya ganti rugi pada barang berharga anda sesuai nilai tanggungannya. 

Asuransi properti akan menjamin ganti rugi pada harga benda anda sesuai perjanjian yang tertulis yang sudah disepakati antara penyedia asuransi dengan nasabah. Jadi sebelum mengajukan biaya penggantian kerugian, anda perlu memiliki bukti bahwa benda tersebut adalah milik anda. 

Jenis Asuransi Properti

Terdapat dua jenis asuransi properti yang bisa anda dapatkan untuk memberikan jaminan perlindungan pada hunian anda. Berikut penjelasan dua jenis asuransi properti:

Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah jenis asuransi properti yang hanya menanggung bangunan rumah yang menjadi tempat tinggal. Asuransi ini akan memberi perlindungan pada rumah anda dari berbagai risiko buruk yang bisa menimpa. 

Asuransi rumah adalah pemberian pertanggungan terhadap hunian dari berbagai risiko, seperti terkena bencana alam, kebakaran, hingga kecelakaan atau kerusakan barang dan harta di dalamnya. Ganti rugi pada berbagai risiko tersebut akan ditanggung oleh pihak penyedia asuransi. 

Asuransi Bisnis

Jenis asuransi properti lainnya yang bisa anda dapatkan adalah asuransi bisnis. Asuransi ini melindung segala properti bisnis milik anda, yaitu melindungi properti kegiatan usaha. Asuransi ini sangat bermanfaat ketika tempat usaha anda mengalami kejadian buruk, seperti terkena bencana hingga kebakaran. 

Asuransi properti akan mengganti pendapatan usaha sementara. Nasabah asuransi dapat mengajukan pertanggungan bisnis atas properti ketika terjadi berbagai risiko buruk. Saat akan memberikan pertanggungan ganti rugi, pihak penyedia asuransi akan mempertimbangkan sejumlah aspek seperti tren finansial dan jangka waktu pemulihan dari kerugian yang dialami. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat asuransi properti dalam kehidupan. Itulah mengapa penting bagi anda juga untuk memiliki asuransi properti. Dengan asuransi ini, anda bisa menjaga keuangan anda di saat-saat mengalami peristiwa yang merugikan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.