Bakal Jadi yang Terpadat Saat Natal dan Tahun Baru, Rute Penerbangan Cengkareng-Denpasar Sudah Jual 144.000 Tiket
Bandra I Gustri Ngurah Rai. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi memprediksi bahwa rute Cengkareng-Denpasar akan jadi rute terpadat untuk perjalanan domestik saat momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Lebih lanjut, Faik mengatakan bahwa prediksi ini mengacu pada tingkat isian dan tiket yang terjual hingga 10 Desember 2022. Kata Faik, data isian penumpang ini didapat setelah melakukan koordinasi dengan maskapai yang beroperasi.

"Berdasarkan tiket yang terjual, dari data posisi 10 Desember (2022) untuk domestik yang paling padat adalah jalur Cengkareng-Denpasar," katanya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu, 14 Desember.

Per 10 Desember, kata Faik, tiket pada rute Cengkareng-Denpasar ini sudah terjual sebanyak 144.000 tiket. Lalu, disusul dengan rute Denpasar-Surabaya dengan tiket terjual sebanyak 33.000 tiket.

Selanjutnya, Cengkareng-Surabaya dengan 17.000 tiket terjual, Cengkareng-Yogyakarta terjual 15.000 tiket, dan Batam-Kualanamu sebanyak 14.000 tiket.

Kata Faik, untuk rute penerbangan internasional yang paling padat adalah Denpasar-Singapura. Kemudian, Denpasar-Kuala Lumpur, Denpasar-Melbourne, dan Denpasar-Sydney.

Jika dilihat dari persentase kapasitas yang sudah terjual, sambung Faik, rute Pontianak-Yogyakarta menempati posisi terbanyak dengan 70 persen terisi dari kapasitas. Lalu, Batam-Silangit sebesar 55 persen, dan Bandung-Denpasar sebesar 55 persen.

"Ini posisi 10 Desember tapi berdasarkan perkembangan terkahir, biasanya kalau domestik ini kenaikannya cukup signifikan di dua minggu sebelum hari H," ujarnya.

Sementara, kata Faik, persentasi kapasitas yang sudah terjual untuk rute internasional paling banyak adalah tujuan Turki Istanbul.

"Dan kemudian internaisonal juga paling banyak rute paling banyak sekarang di Turki Istanbul karena bebas visa dan kemudian ke Australi dan Singapura," katanya.