Pahlawan Digital UMKM 2022: Putri Tanjung Umumkan 3 Pemenang
Siapa saja sih pemenang Pahlawan Digital UMKM 2022?

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ajang Pahlawan Digital UMKM, sebagai program kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM dengan Staf Khusus Presiden Putri Tanjung, menentukan tiga usaha rintisan sebagai juara dalam acara Awarding Day Pahlawan Digital UMKM 2022 yang digelar di wilayah Jakarta Pusat, Selasa.

Juara Pahlawan Digital UMKM 2022 pemenang pertama yakni Surplus merupakan marketplace yang dibuat khusus untuk memasarkan sisa-sisa makanan yang tak terjual atau berlebih. 

Seperti yang dilansir VOI dari ANTARA, pemenang kedua, WARJALI yakni platform terintegrasi yang membuka jalan masuk terhadap pelaku UMKM masakan untuk menerima suplai bahan baku segar sampai jalan masuk permodalan, meski pemenang ketiga yakni djoin yang adalah startup penyedia teknologi bagi koperasi di Indonesia.

Pahlawan Digital UMKM 2022

Putri Tanjung di Jakarta, Selasa, sebagai inisiator program ini menerangkan cara menilai yang dikerjakan juri dalam memilih juara lewat tiga segi yaitu, pertama dari segi pengaruh terhadap UMKM. 

“Penting banget untuk inovasinya ini juga punya solusi yang dihadapi UMKM-UMKM, pengaruhnya seperti apa seberapa besar apa mereka reach dan engage dengan UMKM. Dan itu pengaruhnya dilihat dari banyak hal, pengaruhnya dari imbas numbers, impact nyata seperti berapa banyak UMKM, values dari mereka, mereka juga memiliki goal apa,” terang Putri Tanjung.

Kedua, lanjutnya, yakni dari segi bisnis yang diamati dari prospek pengembangan bisnis termasuk ekspansi ke depannya, serta ketiga berkaitan pondasi keuangan yang berhubungan dengan regu serta CEO (SDM) sampai perkembangan keuangannya. 

Dalam peluang itu Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah mempersembahkan apresiasinya terhadap para juara terpilih. 

"Tiga pahlawan digital ini dapat juga mengoptimalkan dan juga berbagi ilmu dan menemukan pelanggan yang ideal yang hasilnya nanti menambah jumlah UMKM on boarding di Indonesia,” ujar Siti Azizah.

Salah satu anggota dewan kurator Pahlawan Digital yang juga Direktur Utama Smesco yakni Leonard Theosabrata mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti penandatanganan MoU dengan 10 besar pemenang. 

“Ya tadi kita sudah tanda tangani MoU dengan 10 pemenang, yang MoU ini akan kami tindak lanjuti bersama Smesco dalam kerja sama untuk UMKM naik kelas, karena kita nilai apa yang sudah tersaring di pahlawan digital ini kan orang-orang terpilih semoga bisa dapat membantu lebih banyak lagi UMKM dalam rangka digitalisasi menuju 2024 kita mencapai 30 juta UMKM masuk ke ekosistem digital,” ucap Leonard Theosabrata. 

Ajang Pahlawan Digital UMKM 2022 dibuka pada 29 Agustus 2022 dengan peserta 269 inovator digital yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan lebih dari 60 persen berasal dari luar Jabodetabek.

Dari Kapan Lomba Ini di Mulai?

Seperti yang dilansir dari situs Kominfo, Sesudah berhasil diselenggarakan pada 2020,kancah Pahlawan digital UMKM kembali digelar untuk mencari para inovator digital yang memiliki janji menolong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas dan lebih berdaya dengan beragam penemuan dan solusi komputerisasi. Registrasi Pahlawan digital UMKM 2022 sah dibuka pada Senin, 29 Agustus 2022 yang lalu dan akan ditutup pada 26 September 2022 yang lalu.

Program yang adalah kolaborasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) serta Staf Khusus (Stafsus) Presiden Putri Tanjung ini memang semenjak permulaan dipelopori untuk mengapresiasi dan meningkatkan kapasitas para inovator komputerisasi serta menginspirasi lebih banyak lagi generasi muda Indonesia untuk menghasilkan penemuan dan menjadi Pahlawan Komputerisasi bagi UMKM di tanah air.

Peran para Pahlawan Digital UMKM juga diperlukan untuk menempuh sasaran 30 juta pelaku UMKM masuk ekosistem digital pada 2024, sebagaimana dipersembahkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam ceramah kenegaraan pada 16 Agustus 2022.

Apakah Tahun 2023 Akan Ada Lagi?

Dengan suksesnya Pahlawan Digital UMKM 2022 tentunya tak menutup kemungkinan bahwa tahun depan akan diselenggarakan lagi acara UMKM Akbar ini.

Hal ini diperkuat dental harapan Presiden Joko Widodo untuk memasukan 30 juta UMKM untel massue ke ranch digital. Jadi kemungkinannya tenta besar untuk ada lagi acara ini di than dean. Until seal kapannya, tunggu saja informasi dari web pemerintah ya.

Jadi setelah mengetahui Pahlawan Digital UMKM 2022, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!