Resmi Buka Kembali Rute Jakarta-Melbourne, Garuda Indonesia Layani Penerbangan Dua Kali per Minggu
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi mengoperasikan kembali rute Jakarta-Melbourne (pp) yang dilayani dengan armada Airbus A330-300.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kembali beroperasinya rute penerbangan Jakarta–Melbourne pp merupakan wujud komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mendorong pemulihan sektor pariwisata nasional.

Sebagai salah satu negara penyumbang angka kunjungan wisatawan mancanegara terbesar bagi Indonesia, Australia menjadi salah satu pasar yang potensial bagi Garuda Indonesia.

“Kembali beroperasinya rute penerbangan ini diharapkan tidak hanya memberikan pilihan dan kemudahan bagi wisman asal Australia untuk mengunjungi berbagai destinasi eksotis di Indonesia, namun juga diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap percepatan pemulihan pariwisata nasional," ungkap Irfan dalam keterangan resmi, Kamis 24 November.

Melalui rute penerbangan Garuda Indonesia Jakarta-Melbourne pp, para wisatawan akan terkoneksi langsung dengan berbagai destinasi wisata unggulan nasional seperti Yogyakarta, Surabaya, Lombok, Pekanbaru, Denpasar, hingga Jayapura.

Nantinya penerbangan Jakarta-Melbourne Garuda Indonesia akan beroperasi sebanyak dua kali per minggu, yaitu setiap hari Rabu dan Sabtu, dengan GA-716 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 21:00 LT dan tiba di Melbourne Airport keesokan harinya pada pukul 07:35 LT.

Adapun penerbangan Melbourne – Jakarta akan diberangkatkan dengan GA-717 dari Melbourne setiap hari Kamis dan Minggu pukul 09:10 LT, dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada pukul 12:15 LT.

Dengan dioperasikannya kembali rute Jakarta-Melbourne pp, Garuda Indonesia saat ini melayani sedikitnya 10 penerbangan dari dan menuju Australia per minggu, di mana Garuda Indonesia sebelumnya juga telah mengoperasikan kembali layanan penerbangan “Jakarta-Sydney” pp sebanyak dua kali per minggu serta “Denpasar-Sydney” pp sebanyak satu kali per minggu.

"Pengoperasian rute Jakarta - Melbourne pp ini juga diharapkan memberikan dukungan pada peningkatan kualitas produk ekspor unggulan Indonesia seperti produk kemaritiman yang secara tidak langsung juga membantu perekonomian para nelayan dan pelaku usaha export Indonesia ", tutup Irfan.