Bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, HIPMI Launching Logo Munas XVII
Foto: Dok. Hipmi

Bagikan:

JAKARTA - Jajaran Panitia Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Senin 14 November. Dalam kesempatan tersebut panitia yang terdiri dari OC (Organizing Committee) maupun SC (Secretary Committee) melaporkan kesiapan pelaksanaan Munas ke XVII HIPMI tanggal 21-23 November di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah.

Para pengurus HIPMI yang dikomando M Ali Affandi selaku Ketua OC dan Dede Indra Permana (Ketua SC) ditemui langsung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di ruang kerjanya. Rapat koordinasi berlangsung cukup gayeng.

Bahkan usai rapat, Wali Kota Solo ikut me-launching logo terbaru Munas XVII HIPMI dengan membawa sendiri logo tersebut untuk ditampilkan ke awak media.  

Dalam kesempatan itu, Ketua OC Munas HIPMI, M Ali Affandi mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Wali Kota untuk dapat menggelar Munas XVII HIPMI.

"Munas Solo ini merupakan tersingkat persiapannya, tapi kami yakin dengan dukungan wali kota (Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming) harapannya jadi munas tersukses," kata Ali Affandi, dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa 15 November.

Pengusaha muda yang akrab disapa Andi ini, mengatakan ada tiga Agenda Munas HIPMI di Solo ini. Pertama adalah merumuskan program kerja HIPMI ke depan dalam mendukung kemajuan ekonomi Indonesia.

Kedua, laporan pertanggung jawaban BPP HIPMI periode 2019-2022 dan ketiga adalah memilih nakhoda baru Ketum HIPMI 2022-2025. Menurut jadwal, Munas XVII HIPMI akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Sebelum membahas program kerja ke depan, kami tentunya akan menerima dari arahan Presiden Jokowi untuk diwujudkan dalam program nyata," sebut Andi.

Selain itu juga ada agenda yang tak kalah penting yang akan diikuti sekitar 1.500 pengusaha dari 34 Provinsi se Indonesia. Di antaranya adalah HIPMI Expo dan forum dialog yang mengangkat tema pemulihan ekonomi usai pandemi COVID-19.

"Nanti kami undang sebagai pembicara, mas Gibran sebagai tokoh muda, pak Bahlil Lahadalia (Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)), pak Erick Thohir (Menteri BUMN), dan Arsjad Rasjid Ketua Umum Kadin," katanya.

Sementara itu, Ketua SC Dede Indra Permana mengatakan, kegiatan Munas HIPMI ini akan menjadi kesibukan tersendiri di kota Solo. Informasinya, akan ada 3.000 orang datang di waktu yang hampir bersamaan, karena ada sejumlah agenda penting termasuk Muktamar Muhammadiyah & Aisyiah. Dipilihnya Kota Solo sebagai lokasi penyelenggaraan Munas Hipmi karena melihat kesiapan fasilitas kota.

"Solo sangat progresif pembangunannya dan kotanya kondusif. Selain itu, budaya Jawa yang ada di Solo juga membuat Hipmi lebih mawas diri, merefleksi diri. Kira-kira harus berhati-hati dalam melangkah ke depan," katanya.

Untuk itu Dede meyakini, Munas HIPMI akan berlangsung sukses dan aman. Termasuk untuk agenda pemilihan ketua umum yang akan diikuti tiga kandidat calon. Di antaranya Akbar Buchari (Wakil Ketua BPP HIPMI), Bagas Adhadirgha (Sekjen BPP HIPMI) dan Anggawira (Ketua Bidang Keuangan & Perbankan BPP HIPMI).

Ketiganya merupakan kader terbaik hipmi, dari tingkatan berjenjang bawah yang akan menuju puncak.

"Sekarang kalau bisa tiga kandidat calon ketua umum itu bertanding, untuk bisa bersanding. Semua kandidat kami minta menjaga ketentraman dan budaya di Solo," pesan Dede yang juga anggota DPR RI ini.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming siap mendukung kesuksesan Munas XVII HIPMI. Ia mengatakan meski ada banyak kegiatan di Solo, pelaksanaan Munas Hipmi akan berjalan lancar.

"Enggak apa-apa, bisa diatur. Tenang saja, ini (Munas HIPMI) kan totalnya hanya 1.500 (peserta)," katanya.