Sembilan Bulan Raih Laba Rp1,65 Triliun, Semen Indonesia Optimalkan Marjin Profitabilitas
Foto: Dok. Antara/Semen Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraup laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp1,65 triliun pada kuartal III 2022. Catatan itu tumbuh 18,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,39 triliun.

"Pada sembilan bulan pertama 2022 SIG secara konsisten berhasil mencatatkan peningkatan kinerja perusahaan di tengah tantangan persaingan industri yang tinggi serta kenaikan harga bahan bakar dan energi," kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan dikutip Antara, Selasa 1 November.

Pendapatan emiten berkode saham SMGR itu pada kuartal III 2022 mencapai Rp25,28 triliun dan beban pokok pendapatan tercatat sebesar Rp17,94 triliun.

Vita menyampaikan, di tengah berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi, SIG secara konsisten berfokus pada strategi pengelolaan topline melalui pendekatan multibrand untuk mengoptimalkan marjin profitabilitas dengan pangsa pasar yang dominan.

Perseroan juga secara berkelanjutan melakukan pengendalian biaya untuk mencapai operational excellence melalui optimalisasi produksi dan jaringan distribusi.

"Kami juga menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan untuk mencapai target dekarbonisasi melalui penurunan clinker factor dan peningkatan thermal substitution rate (TSR)," ujar Vita.

Vita menambahkan, SIG juga membuktikan resiliensi tak hanya dari capaian bisnis, tetapi juga operasional berkelanjutan yang menjadi daya saing perusahaan.