Kolaborasi dengan Pemprov NTB, Kemenperin Luncurkan Sepeda Listrik Nasional
Foto: Dok. Kemenperin

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan produsen sepeda PT Juara Bike (Selis) meluncurkan purwarupa sepeda listrik buatan IKM NTB.

Langkah tersebut merupakan upaya mendukung industri kendaraan listrik nasional di tengah tren industri hijau yang diusung banyak negara sekaligus implementasi Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

"Tren kendaraan listrik yang semakin berkembang mendorong pemerintah ikut andil dalam pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik nasional dengan mengoptimalkan keberadaan Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah mampu merakit sepeda listrik," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin, Reni Yanita di Jakarta, Senin 31 Oktober.

Adapun IKM yang terpilih, yakni Le-Bui asal Kabupaten Lombok Barat, NgebUTS asal Kabupaten Sumbawa, Fi-Bike asal Kota Bima, Mori Taho asal Kabupaten Dompu, dan SMKN 3 Mataram asal Kota Mataram.

"Kami berharap agar seluruh IKM terpilih dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan sebagai momen untuk menambah jejaring dengan pelaku IKM lainnya maupun dengan Pemerintah Provinsi NTB," ujar Reni.

Lebih lanjut, kata Reni, langkah itu sebagai bentuk dukungan pemerintah bagi penguatan peran IKM dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

"Kemenperin bersinergi dengan PT Juara Bike (Selis) dalam memberikan pendampingan teknis bagi IKM alat angkut sepanjang Agustus-Oktober 2022," ungkap dia.

Peluncuran sepeda motor listrik buatan NTB itu diharapkan menjadi fasilitas transportasi yang ramah lingkungan bagi para wisatawan yang datang ke daerah tesebut.

"Berkembangnya kendaraan listrik di NTB diharapkan dapat menarik minat wisatawan karena di masa depan NTB merupakan salah satu wilayah percontohan dalam ekosistem pengembangan kendaraan listrik," pungkas Reni.