Apa Itu Tenor? Inilah Jenis-jenisnya yang Harus Diketahui Calon Debitur
Ilustrasi tenor kredit (Unsplash/Tierra Mallorca)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tenor merupakan isitlah yang wajib diketahui dalam dunia perkreditan dan investasi. Tenor akan mengirimkan oleh lembaga pemberi kredit kepada setiap debitur yang mengajukan kredit. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan debitur dalam membayar cicilan atau angsurannya. 

Saat ini banyak sekali lembaga keuangan yang menyediakan layanan kredit. Syarat yang diberikan untuk peminjaman pun sudah lebih mudah. Tentu saja layanan ini menjadi kesempatan bagi orang yang ingin membuka usaha atau bisnis. Untuk menghindari kesalahan atau kerugian, pihak keditur menerapkan tenor atau batas waktu kepada debitur

Dengan adanya tenor, kreditur menjadi lebih aman dalam meminjamkan uang. Sementara itu, debit menjadi tanggung jawab secara waktu dan lebih termanajemen dalam kredit. 

Apa Itu Tenor?

Tenor adalah jangka waktu dari kredit yang dilakukan oleh debitur. Debitur wajib membayarkan cicilan atau angsurannya sesuai jangka waktu yang disepakati dengan pihak kreditur. Durasi atau jangka waktu tenor yang diberikan oleh kreditur ada yang beragama sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Jenis dalam jangka waktu tenor sangat dari jenis kredit atau pembiayaan. Debitur bisa memilih jenis tenor sesuai dengan kempuannya membayar angsuran. Tenor juga menjadi patokan dalam menentukan besaran suku bunga yang harus ditanggung oleh debitur. 

Jenis Tenor Bedasarkan Waktu

Tenor secara umum terbagi dalam dua jenis, yaitu tenor panjang dan tenor pendek. pembagian tenor ini berdasarkan jangka waktunya. Berikut dua jenis tenor yang bisa dipilih oleh kreditur.

Tenor Panjang

Tenor panjang adalah tenor kredit dengan jangka waktu angsuran yang lebih panjang, yakni bisa 3 hingga 30 tahun. Penerapan tenor panjang biasanya pada pembiayaan atau kredit yang memiliki hutang pokok yang besar. 

Jangka waktu jangka panjang biasanya nominal pembiayaannya mencapai milyaran rupiah. Contoh tenor panjang diterapkan dalam pembiayaan KPR, angsuran kredit kendaraan, jaminan aset mobil, hingga sertifikat rumah. 

Tenor Pendek

Jangka waktu jangka pendek adalah jangka waktu pembiayaan yang jangka waktunya lebih pendek, yakni satu bulan hingga tiga tahun. Jangka waktu jangka pendek biasanya digunakan untuk jenis kredit dan pembiayaan yang nilainya tidak terlalu tinggi. Tenor ini biasanya diterapkan dalam pembiayaan kredit perangkat elektronik (Handphone, laptop, dll), jaminan BPKB motor, hingga kredit online. 

Jenis Tenor Berdasarkan Pembiayaan

Ada tiga jenis tenor berdasarkan pembiayaan, yaitu tenor Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kredit Dengan Jaminan. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya tenornya.

Kredit Kepemilikan Rumah 

KPR merupakan jenis pembiayaan yang khusus diperuntukkan bagi debitur yang ingin memiliki rumah dengan sistem pembayaran cicilan. Layanan kredit KPR banyak dibutuhkan bagi yang ingin mempunyai aset rumah secara cepat dan modal kecil.

Terdapat beberapa jenis tenor dalam kredit KPR. Jenis tenor yang bisa dipilih tergantung kemampuan masing-masing debitur, bisa mulai dari 5 bulan hingga 25 tahun. KPR umumnya menawarkan dua jenis suku bunga, yaitu suku bunga fixes dan suku bunga floating. 

Kredit Tanpa Agunan

KTA merupakan kredit yang persyaratannya cukup mudah dan proses pencairannya cepat. Jenis kredit ini banyak diminati oleh berbagai kalagan karena kelebihannya tadi. Namun jenis kredit ini memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan KPR. Selain itu, tenor yang ditawarkan oleh KTA lebih pendek dibanding KPR, biasanya 1 hingga 5 tahun.

Kredit Dengan Jaminan 

Kredit Dengan Jaminan juga menjadi jenis kredit yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Debitur perlu menyerahkan jaminan untuk dapat menggunakan layanan kredit ini, bisa dalam bentuk BPKB Kendaraan dan Sertifikat Rumah. Sementara itu, tenor yang ditawarkan kisaran 1 hingga 5 tahun. 

Itulah penjelasan mengenai tenor dan jenis-jenis tenor berdasarkan jangka waktu dan pembiayaannya. Sebelum memutuskan kredit atau kredit, debitur harus memahami ketentuan masing-masing jenisnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.