Rekomendasi KPR Milenial 2022, Jalan Mudah Anak Muda Punya Rumah
Ilustrasi KPR milenial 2022 (Unsplash/Tierra Mallorca)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa waktu belakangan ramai perbincangan tentang generasi milenial sulit membeli rumah. Pernyataan tersebut membuat kaum-kaum milenial menyadari besaran biaya untuk mempunyai hunian, namun di satu sisi membuat insecure. Bank kemudian membantu menjawab keluh kesah tersebut dengan menghadirkan program KPR milenial 2022. 

Pernyataan milenial sulit punya rumah didukung dengan riset yang menunjukkan persentase generasi milenial (sekarang usia 24 - 34 tahun) mempunyai rumah lebih rendah 8 persen dibandingkan generasi sebelumnya, yakni Gen X dan Baby Boomers. Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya gaya hidup yang konsumtif dan boros.

Bisa jadi penyebabnya karena generasi milenial masih banyak yang belum tahu program-program pemilikan rumah dan tidak paham prosedurnya. Misalnya program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mana pembayarannya bersistem cicilan dengan masa tenor. KPR sangat membantu orang-orang yang ingin membeli rumah tapi dananya masih belum banyak, dibanding harus menyiapkan dana membangun rumah atau meminang rumah jadi.

Program KPR Milenial menjadi kabar baik bagi generasi milenial yang ingin memiliki rumah, tetapi modalnya masih terbatas. Beberapa bank menyediakan skema khusus pembelian hunian yang sasarannya adalah anak muda atau generasi milenial. 

Beberapa bank yang menghadirkan program KPR Milenial menawarkan beberapa keuntungan, seperti uang muka lebih rendah, cicilan lebih ringan, suku bunga kecil, dan masa tenor panjang. Berikut beberapa program KPR Milineial 2022 yang bisa dipilih. 

KPR Milenial Bank Mandiri

Bank Mandiri, salah satu bank BUMN, menghadirkan produk bernama KPR Milenial. Program KPR ini menargetkan para anak-anak muda yang ingin memilki hunian. Bank Mandiri menawarkan beberapa kelebihan atau keuntungan bagi pemakai program ini. 

Berikut berapa keuntungan dari program KPR Milenial:

  • Plafon atau limit kredit mulai dari Rp200 juta hingga Rp3 miliar. 
  • Jangka waktu atau tenor kredit  disediakan dalam 4 variasi, yakni 25 tahun, 20 tahun, 15 taun, dan 10 tahun. 
  • Angsuran relatif ringan. Kenaikan biaya cicilan berjenjang selama 5 tahun pertama.
  • Jenjang kenaikan angsuran sejumlah 10% per tahun mengikuti penghasilan peminjam.
  • DP atau uang muka mulai dari 0%.
  • Suku bunga kompetitif dengan bunga fixed selama 5 tahun pertama. Selanjutnya diterapkan suku bunga floating. 

KPR BTN Gaess

Bank BUMN yang satu ini juga menawarkan program KPR Milenial kepada anak-anak muda. Melalui program yang beranam “KPR Gaeesss for Milenials”, BTN memberikan keuntungan bagi generasi milenial yang ingin mempunyai rumah dengan mudah. 

Untuk bisa menikmati program KPR BTN Gaess, ada beberapa persyaratan. Pertama, usia pemohon atau debitur yakni 21 sampai dengan 35 tahun. Selain itu, status bekeja memiliki penghasilan tetap dan minimal masa kerja 1 tahun. Pengajuan KPR dilakukan secara online menggunakan aplikasi di website Bank BTN. 

Berikut beberapa keuntungan atau keunggulan dari program KPR BTN Gaess:

  • Uang muka atau DP mula dari 1%.
  • Plafon atau limit kredit pembelian tidak dibatasi. Plafon bisa disesuaikan dengan kemampuan debitur atau pemohon.
  • Tenor atau jangka waktu panjang sampai 30 tahun. 
  • Promo diskon biaya provisi dan administrasi sejumlah 50 %.

KPR BSI Griya Simuda

Bank Syariah Indonesia (BSI) juga mengadirkan program pemilikan rumah bagi generasi milenial. Program KPR BSI Griya Simuda menawarkan beberapa keunggulan yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan anak muda selama ini. 

BSI menetapkan beberapa persyaratan bagi calon pemohon yang ingin memakai program KPR BSI Griya Simuda. Persyaratan tersebut yakni pemohon harus  berdomisili di Indonesia, usia minimal 21 -40 tahun, sudah bekerja dengan penghasilan tetap. 

Berikut beberapa keuntungan yang didapat ketika mengambil program KPR BSI Griya Simuda:

  • Plafon atau limit kredit lebih besar.
  • Estra tenor sampai dengan 30 tahun.
  • Cicilan lebih ringan dan tetap atau tidak ada kenaikan angsuran.
  • Bebas biaya provisi, pinalti, dan appraisal.
  • Bebas biaya appraisal sampai dengan Rp5 milyar.

KPR Griya GUE BNI

Bank milik negara yang satu ini juga turut membantu impian generasi milenal punya rumah dengan menghadirkan program KPR Griya Gue. BNI menawarkan beberapa keunggulan yang cukup membantu permasalahn generasi milenial selama ini. 

Ada beberapa persyaratan bagi calon pemimpin atau debitur. Pemohon harus WNI perorangan dan bukan Badan Usaha. Usia pemohon minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (karyawan swasta), dan 65 tahun (profesional). Pemohon sudah bekerja selama minimal 1 tahun.

Berikut beberapa keunggulan program KPR Griya Gue dari bank BNI untuk para generasi milenial:

  • DP atau uang muka sebesar 0%.
  • Masa tenor atau jangka waktu bisa dipilih sendiri hingga mencapai 30 tahun. 
  • Suku bunga tetap sebesar 6,25% per tahunnya.
  • Plafon atau limit cicilan sangat tinggi sebanyak Rp30 milar. 

Itulah berapa program KPR Milenial 2022 dari berbagai bank BUMN mapun swasta. Setiap program masing-masing bank memiliki perbedaan dari segi persyaratan dan layanannya. Jadi pastikan anda memilih jenis KPR yang sesuai dengan kebutuhan anda 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.