Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu Se-Asia Pasifik
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia  mencatatkan tingkat ketepatan waktu terbaik di Asia Pasifik versi OAG Flightview pada periode September 2022 dengan capaian On Time Performance (OTP) sebesar 96,6 persen.

Melalui pemeringkatan aspek ketepatan waktu tersebut, Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai penerbangan asal Indonesia yang berhasil menempati jajaran peringkat tertinggi pada hasil pemeringkatan oleh lembaga riset dan pemeringkat OTP maskapai penerbangan global independen asal Inggris tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, capaian tersebut merupakan bentuk representasi atas komitmen Garuda Indonesia untuk senantiasa menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi seluruh pengguna jasa, utamanya dalam memastikan seluruh operasional penerbangan, termasuk tingkat ketepatan waktu, dapat berjalan dengan optimal.

“Di tengah upaya kami dalam mengakselerasikan berbagai langkah pemulihan kinerja, serta selaras dengan komitmen kami untuk menghadirkan konektivitas udara melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi pengguna jasa, tentunya raihan kinerja operasional ini menjadi optimisme tersendiri bagi kami untuk terus menghadirkan layanan penerbangan terbaik bagi masyarakat,” ujar Irfan dalam keterangan resmi, Sabtu 29 Oktober.

Irfan melanjutkan, di tengah perubahan  preferensi masyarakat dalam melaksanakan perjalanan udara, khususnya di masa transisi pandemi menuju endemi ini, dirinya meyakini aspek ketepatan waktu merupakan esensi utama dalam definisi kualitas layanan yang senantiasa harus dijaga.

Ia menuturkan, hal ini tidak dapat tercapai tanpa dukungan stakeholders terkait, khususnya layanan kebandarudaraan, serta tentunya dukungan pengguna jasa yang memberikan kontribusi atas capaian ini dengan melakukan prosedur pre-flight, termasuk check-in, secara tepat waktu.

“Oleh karenanya, capaian ini akan terus menjadi motivasi kami untuk senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya dalam menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan on-time. Terlebih, kami meyakini bahwa momentum pemulihan sektor pariwisata harus ditunjang oleh operational excellence, utamanya pada aspek ketepatan waktu,” urai Irfan.

Selain Garuda Indonesia, sejumlah maskapai internasional yang masuk dalam pemeringkatan tersebut di antaranya Eurowings, Bangkok Airways,  Fuji Dream Airlines, hingga  Jeju Airlines. Informasi lebih lanjut mengenai daftar pemeringkatan OTP maskapai penerbangan oleh OAG Flightview dapat dilihat melalui laman https://www.oag.com/en/on-time-performance-airlines-september-2022.