Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menerangkan Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Muhammad Sulaiman Al-Jasser menyampaikan apresiasi atas kinerja perekonomian Indonesia.

Disebutkan bahwa lembaga finansial global itu menganggap RI memiliki daya tahan yang cukup baik dalam ketidakpastian yang berlanjut saat ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan IsDB juga menyatakan komitmen penuh akan terus mendukung Indonesia melalui pembiayaan pembangunan.

“Islamic Development Bank mengajak Indonesia untuk memainkan peran yang lebih besar di IsDB, baik melalui peningkatan kontribusi modal maupun penambahan jumlah staf,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi hari ini, Selasa, 18 Oktober.

Menurut Menkeu, dalam hal ketahanan pangan dan ketersediaan pupuk, pemerintah RI dan IsDB sepakat mendorong peningkatan kolaborasi di bidang pertanian dan rantai nilai pangan (food value chain) di antara negara anggota yang tergabung.

“Selama ini IsDB telah membantu Indonesia melalui pembiayaan infrastruktur berbagai bidang termasuk pembangunan lembaga pendidikan, fasilitas kesehatan dan infrastruktur ekonomi lainnya,” tutur dia.

Bendahara negara berharap sinergi positif ini dapat terus berkembang di masa depan dan memberi manfaat kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya.

“Indonesia ingin kerja sama ini dapat diperluas ke sektor ekonomi lain, termasuk dukungan sektor perumahan bagi masyarakat serta pengembangan industri halal di Indonesia,” tutup Menkeu Sri Mulyani.