Anak Usaha Telkom Jalin Kerja Sama dengan Expereo, Menteri BUMN: Agar BUMN Go Global
Foto: Dok. Antara/Telkom

Bagikan:

JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) mengumumkan kerja sama dengan Expereo International B.V. (Expereo). Kerja sama anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di World Trade Center Amsterdam beberapa hari lalu.

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mengembangkan strategi go-to-market, penyediaan konektivitas internet dan layanan akselerasi, dan optimalisasi cloud SD-WAN. Expereo merupakan provider global managed internet dan jaringan hybrid, SD-WAN, serta solusi konektivitas cloud asal Belanda.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa langkah yang dilakukan Telin tersebut bagian dari misi BUMN go global.

"Kami terus mendorong agar BUMN Go Global. Tentunya dengan kunci kolaborasi. Semoga kerja sama ini bisa mengantarkan Telkom untuk terus memperluas jejak digitalnya ke seluruh dunia," ujar Erick, dikutip Senin, 5 September.

Kemitraan strategis Telin dan Expereo diharapkan dapat menciptakan nilai tambah, harga kompetitif dan model komersial, yang berujung pada strategi go-to market untuk memungkinkan Expereo menawarkan layanan Telin kepada pelanggan potensial secara global.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menilai Eropa merupakan salah satu fokus perusahaan untuk mengembangkan bisnis ke depan. Kata dia, bisnis Telin di Belanda berkembang sangat baik dengan pertumbuhan lebih dari 32 persen.

Tak hanya layanan kepada wholesaler dan global carrier operators, Telin juga memberikan layanan untuk segmen enterprise, di antaranya perusahaan Indonesia yang memiliki cabang di luar negeri serta kantor pemerintahan Indonesia seperti Kedutaan Besar.

"Penandatanganan MoU antara Telin dan Expereo ini merupakan momentum yang baik dalam rangka meningkatkan kapabilitas kedua belah pihak sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada customer serta munculnya peluang lain ke depan," tutur Ririek.

Ririek berharap kolaborasi Telin dengan Expereo, dapat memperkuat kapabilitas dan mempercepat transformasi digital Indonesia. Lebih jauh lagi, kerja sama itu dinilai relevan untuk memungkinkan perkembangan instansi pemerintah dan perusahaan multinasional Indonesia di Eropa dan Afrika.

Dalam kesempatan yang sama CEO Telin, Budi menjelaskan dengan kolaborasi Telin dan Expereo, pihaknya berharap Telin dapat memberikan solusi SD-WAN terbaik dikelasnya dengan penyediaan konektivitas jaringan dan menyediakan platform manajemen satu atap.

"Terutama mendukung mitra Telin menjadi lebih efisien dan produktif," kata Budi.