Dijual Lebih Murah dari Pertalite, Ini Jenis BBM di SPBU Vivo
Ilustrasi SPBU Vivo (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jenis BBM di SPBU Vivo menarik untuk diketahui, karena harganya lebih murah ketimbang bahan bakar minyak bersubsidi yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum milik PT Pertamina (Persero) Tbk.

Diketahui, pemerintah pada Sabtu, 3 September 2022 resmi menaikkan harga BBM bersubsidi. Bahan bakar minyak jenis Pertalite di jual Rp10.000 per liter. Sebelumnya, bahan bakar bersubsidi ini dipatok Pertamina seharga Rp7.650 per liter.

Sementara harga Solar juga mengalami kenaikan, dari sebelumnya Rp5.150 per liter kini menjadi Rp6.800 per liter.

Di tengah kenaikan harga BBM yang dijual di SPBU Pertamina, di media online, ramai soal pembahasan harga BBM yang dijual seharga Rp8.900 per liter. Bahan bakar minyak yang dijual lebih murah dari harga Pertalite itu dijual oleh jaringan SPBU milik perusahaan swasta, yakni SPBU Vivo.

Jenis BBM di SPBU Vivo

BBM yang dijual di SPBU Vivo menjadi satu-satunya bahan bakar yang harganya masih di bawah Pertalite. Jenis BBM tersebut adalah Vivo Revvo 89 yang dibanderol Rp8.900 per liter, dikutip VOI dari Kompas, Senin, 5 September 2022.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Pertalite, Vivo Revvo 89 memiliki oktan yang lebih rendah. Selain itu, Pertalite juga merupakan BBM yang disubsidi pemerintah.

SPBU Vivo menyediakan BBM non-subsidi dan hanya menjual bahan bakar jenis umum.

Secara keseluruhan, ada tiga jenis bahan bakar yang dijual di SPBU Vivo, antara lain:

  • Vivo Revvo 89
  • Vivo Revvo 92
  • Vivo Revvo 95

Jenis BBM di SPBU Vivo yang harganya paling murah yakni Revvo 89. BBM ini dijual seharga Rp8.900 per liter. Revvo 89 memiliki angka oktana riset (Research Octane Number/RON) 89. Angkanya sedikit di bawah Pertalite yang memiliki RON 90.  

Oktan merupakan angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang dihasilkan ruang bakar ketika terjadi pembakaran.

Angka oktan pada RON diperoleh melalui penelitian di laboratorium. Semakin tinggi nilai oktan, semakin baik pula kualitasnya dalam pembakaran di ruang mesin, khususnya bagi mobil-mobil keluaran terbaru.

Apabila dibandingkan dengan harga Pertalite terbaru yang saat ini dipatok Rp10.000 per liter, maka harga Revvo 89 lebih murah sekitar Rp1.100 per liter ketimbang Pertalite.

Kendati dianggap tak lazim di beberapa negara karena harga bahan bakar yang memiliki oktan di bawah 90 sudah sulit ditemukan, Revvo 89 tetap masuk spesifikasi BBM yang diizinkan beredar di Indonesia.

Perbandingan Kualitas BBM di SPBU Vivo dan Pertamina

Dari segi kualitas, Revvo 89 yang dijual di SPBU Vivo jauh lebih baik ketimbang Premium (RON 88) dan satu angka di bawah Pertalite (RON 90).

Sedangkan jenis BBM lain yang dijual SPBU Vivo yakni Revvo 92 (RON 92) memiliki kualitas yang sama dengan Pertamax. Akan tetapi, untuk Revvo 95 (RON 95), kualitasnya masih di bawah Pertamax Turbo (RON 98).

Sekedar informasi tambahan, bahan bakar minyak dengan RON 95 adalah bensin yang umum dijual di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan spesifikasi BBM yang boleh beredar di dalam negeri melalui keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas. Jenis BBM tersebut yakni RON 48, RON 88, RON 90, Avtur, Kerosin, dan minyak bakar.

Demikianlah informasi soal jenis BBM di SPBU Vivo dan perbandingan harganya dengan bahan bakar minyak yang dijual Pertamina. Manakah BBM yang Anda pilih?