Tantangan Pasca Pandemi, Bagaimana Seharusnya Gaya Kepemimpinan dalam Sebuah Organisasi?
Ilustrasi: (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Kepemimpinan tidak pernah menjadi kerangka kerja yang konstan karena harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Ketika umat manusia menjauh dari periode paling sulit dalam sejarah modern, haruskah kepemimpinan direvolusi ke dalam pengaturan pasca-COVID-19?

Center for Management and Organization Effectiveness (CMOE) baru-baru ini melaporkan bahwa gaya kepemimpinan menentukan tingkat loyalitas orang terhadap organisasi mereka dan menentukan kualitas seorang pemimpin secara keseluruhan.

Lebih lanjut disebutkan bahwa orang mencari empat karakteristik dalam diri seorang pemimpin: 1) Keterampilan komunikasi (45,2 persen); 2) keterampilan interpersonal (44,2 persen); 3) Nilai dan etika (41,9 persen); dan 4) Atribut pribadi (30,2 persen). Temuan ini menunjukkan bahwa, selain keterampilan profesional, keterampilan interpersonal yang menekankan pada kebaikan, hubungan emosional timbal balik, dan kasih sayang sama pentingnya.

Kemajuan peradaban tidak dapat dihindari karena informasi menjadi lebih mudah diakses melalui digitalisasi. Orang-orang menjadi lebih sadar akan batasan profesional dan gaya hidup ideal mereka. Kejadian ini telah berhasil mendorong bisnis untuk menghadapi tantangan baru dalam merekrut talenta baru di era pasca-COVID-19.

Metrik pemusnahan pekerjaan tidak lagi bergantung pada insentif finansial yang ditawarkan karena budaya kerja, prospek perusahaan, dan gaya kepemimpinan para pemimpin bisnis sudah mulai menjadi pertimbangan utama masyarakat dalam memilih pekerjaan dalam status quo saat ini.

Karena pandemi telah mulai mengubah cara orang bekerja dan hidup, penting untuk dicatat bahwa memiliki organisasi yang berkualitas tidak cukup untuk mempertahankan orang. Organisasi harus terus mempraktikkan kepemimpinan yang baik dan bijaksana yang menjunjung tinggi landasan moral dan membuat orang merasa dihargai.

Co-Founder dan Managing Director EGN Indonesia Dona Amelia sangat percaya bahwa kebaikan dan kasih sayang adalah kunci dari interkonektivitas intim yang memungkinkan orang untuk berbagi beban selama masa-masa sulit.

“Interkonektivitas yang penuh kasih menjadi relevan dalam situasi saat ini, terutama karena tantangan umat manusia menjadi lebih berat dan lebih sulit selama era pasca-COVID-19,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis 28 Juli.

Membangun hubungan yang bermakna dalam lingkungan profesional atau non-profesional membantu para pemimpin dan orang-orang mereka dalam mengurangi kerumitan dan penderitaan yang dialami banyak orang. Dan orang-orang tidak akan pernah melupakan sosok pemimpin yang memegang tangan mereka dan berdiri di samping mereka untuk membantu mereka melewatinya. masa-masa sulit ini.

Menurut studi ilmiah yang dilakukan oleh University of Warwick, Inggris, kepemimpinan yang baik memberi orang kehangatan, kepercayaan, dan pemberdayaan. Lebih lanjut dikatakan bahwa kebaikan dalam kepemimpinan telah terbukti mempengaruhi kebahagiaan orang, dan orang yang lebih bahagia 12% lebih produktif dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Jika kebaikan dan kasih sayang adalah kunci kepemimpinan yang baik di dunia modern saat ini, pertanyaannya tetap ada. Apa yang harus dilakukan para pemimpin untuk menjadi pemimpin yang baik?

- Menjadikan kebaikan sebagai kekuatan pendorong utama mereka dalam kepemimpinan. Pemimpin harus terhubung dengan orang-orang mereka untuk dihargai dan didengar.

- Berbelas kasih dan mendukung ketika memimpin sebagai kepemimpinan yang penuh kasih dapat menciptakan lingkungan dan ekosistem organisasi yang sehat.

- Komitmen untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Pemimpin tidak dapat melayani orang lain jika mereka tetap stagnan dalam kualitas profesional dan interpersonal mereka saat ini. Inilah sebabnya mengapa para pemimpin harus dapat terus meningkatkan diri untuk membuka jalan bagi diri mereka sendiri, orang-orang mereka, dan organisasi mereka.

Asumsikan ada platform profesional yang dapat mengajarkan para pemimpin tentang prinsip-prinsip dasar tentang apa artinya menjadi pemimpin yang baik. Sebuah platform bagi para pemimpin untuk bertemu dan berbagi dengan individu-individu yang berpikiran sama yang dapat menghibur keprihatinan profesional yang berkualitas, umpan balik dan penilaian.

Sebuah platform yang dapat berfungsi sebagai tempat pertemuan di mana para pemimpin dapat membangun jaringan rekan yang berkualitas. Didirikan pada tahun 1992, Jaringan Global Eksekutif (EGN) sekarang menjadi organisasi perintis dan pemimpin bisnis berbasis peer terbesar kedua, dengan hampir 14.000 anggota, mewakili lebih dari 8.000 organisasi/perusahaan dan 70 lini pekerjaan dari 14 negara.

“Kami percaya bahwa menyediakan ekosistem yang sesuai bagi para pemimpin bisnis untuk membantu mereka tumbuh akan membuat proses menjadi pemimpin yang baik jauh lebih konstruktif. EGN dapat menyediakan lingkungan ini bagi para pemimpin untuk mensimulasikan diskusi profesional untuk memeriksa tantangan kepemimpinan dan memahami cara menavigasi melalui keadaan yang menantang,” jelasnya.

Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara, Indonesia tidak terkecuali dengan manfaat dari jaringan peer. Anggota kami dapat berpartisipasi dalam komunitas yang terus berkembang, yang mencakup enam pertemuan kelompok sebaya secara langsung, 12 acara lintas fungsi secara langsung, 24 pertemuan lintas fungsi virtual, dan empat acara jejaring setiap tahun.

Selain itu, setiap kelompok sebaya dikumpulkan oleh konsultan jaringan kami yang berpengalaman untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan tingkat dan disiplin profesional anggota.