Erick Thohir Apresiasi Aksi Himbara Salurkan 100 Sapi Kurban di Jabar dan Banten
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau penyaluran hewan kurban dari Himbara pada Iduladha 1443 H. (Kementerian BUMN)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi langkah himpunan bank negara (Himbara) yang menyalurkan 100 ekor sapi kurban di Jawa Barat dan Banten.

Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, Erick menilai BUMN tak hanya bertugas menjaga pertumbuhan dan keseimbangan ekonomi bangsa, melainkan juga berperan penting dalam aspek sosial, termasuk saat hari raya Iduladha saat ini.

"BUMN harus hadir di tengah-tengah masyakarat. Hal ini yang ditunjukan bank-bank himbara, seperti Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang bersama-sama menyalurkan sapi kurban untuk masyarakat di Jawa Barat (Jabar) dan Banten," ujar Erick dalam keterangan resmi, Minggu 10 Juli.

Meski secara jumlah mungkin tidak banyak, Erick berharap penyaluran daging kurban dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat. Bagi Erick, penyaluran daging kurban lewat program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) tak sekadar menunaikan kewajiban, melainkan bentuk komitmen BUMN dalam membangun ekonomi kerakyatan dan keumatan.

Erick menyampaikan Himbara menyerap sapi dari para peternak di Jabar dan Banten. Tak hanya membeli, lanjut Erick, Himbara juga dibantu anggota holding BUMN pangan atau ID Food, PT Berdikari, yang memeriksa setiap sapi telah terbebas dari penyakit mulut dan kuku.

"Jadi tidak hanya masyarakat penerima kurban yang bergembira, para peternak lokal pun ikut senang. Prinsipnya, dari masyarakat kembali lagi untuk masyarakat," lanjut Erick.

Erick sendiri terus mendorong BUMN mengedepankan ekonomi kerakyatan dengan merangkul masyarakat, UMKM, peternak, hingga petani. Erick menyebut para peternak juga terdampak pandemi lantaran menurunnya daya beli masyarakat dan kini menghadapi penyebaran PMK.

Para pelaku ekonomi kerakyatan seperti peternak itu terus berjuang dengan cucuran keringat untuk mendapatkan penghasilan guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Masak kita BUMN yang katanya sepertiga kekuatan ekonomi diam saja, tentu tidak. Kita harus hadir untuk mereka," kata Erick Thohir menambahkan.

Selain di Jabar dan Banten, kolaborasi Himbara juga dilakukan di Jawa Timur dengan penyaluran 200 ekor sapi kurban.