Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, ketersediaan bahan makanan pokok saat ini hingga Idul Adha dinyatakan aman dan mencukupi.

"Memang ada harga bahan pokok yang masih tinggi seperti cabai, tapi secara umum ketersediaan semua bahan pokok seperti minyak goreng, gula, daging juga cabai itu mencukupi termasuk hingga Iduladha, Alhamdulillah," kata Jerry Sambuaga melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 29 Juni.

Ia mengatakan, Kementerian Perdagangan memastikan ketersediaan bahan pokok dan pangan melalui peninjauan langsung ke lapangan.

"Setiap hari kami terjun langsung ke pasar-pasar, yang sangat penting saat ini adalah ketersediaan barang dan nantinya harga bisa disesuaikan," ungkap Jerry.

Menurut dia, aspek ketersediaan barang saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya, karena tidak ada lagi warga yang mengantri untuk mendapatkan bahan pokok.

Jerry meminta seluruh lapisan pemerintah dari daerah juga ikut mengawal harga dan ketersediaan barang khususnya cabai yang saat ini memiliki harga jual tinggi.

"Untuk harga cabai memang mahal, itu tidak saja di Sumbar tapi seluruh daerah, memang tidak murah tapi mari sama kita kawal agar nantinya dalam waktu dekat harganya bisa kembali terjangkau," kata Jerry.

Ia mengatakan, monitoring atau langkah pengawasan langsung ke pasar dapat memetakan keadaan sebenarnya dari harga dan barang.

"Dengan mendatangi langsung, kami bisa berinteraksi langsung dengan pedagang dan pembeli, dari pedagang juga diketahui berapa harga yang mereka dapat dari distributor," kata Wamendag.

Koordinasi dari pembeli ke pedagang, dan pedagang ke distributor, menurut Jerry, perlu diketahui secara baik untuk memastikan kondisi pasar secara pasti.

Jerry turut menyikapi revitalisasi pasar di beberapa daerah di Sumbar di antaranya Lima Puluh Kota, Agam dan Bukittinggi.

"Semua kita follow up, jika sesuai dengan mekanisme berlaku semua permintaan itu akan diwujudkan sesuai jadwalnya," pungkas Jerry.