PLN Tingkatkan Kehandalan 3 Pembangkit Dukung Pariwisata Pulau Buton
Suasana pembangkit listrik yang sedang dioperasikan dengan pemberian aliran listrik untuk mendukung sektor pariwisata di Pulau Buton, Sultra. (Foto: ANTAR)

Bagikan:

JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi meningkatkan kehandalan tiga pembangkit untuk mendukung sektor pariwisata di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

"PLN mengaliri tiga infrastruktur kelistrikan agar lebih handal mendukung pengembangan potensi pariwisata yang ada di Pulau Buton," kata General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis dikutip dari ANTARA, Selasa 21 Juni.

Dia mengatakan, untuk mendukung sektor pariwisata harus dibarengi dengan pemenuhan pasokan listrik andal. Karena itu, PT PLN mendorong perampungan pembangunan tiga infrastruktur kelistrikan di Baubau, Pulau Buton, Sultra.

Hal tersebut, menurut Defiar Aris, menjadi bukti keseriusan PLN untuk mengakselerasi ekosistem Electrifying Tourism di Indonesia.

Adapun ketiga infrastruktur tersebut ialah Gardu Induk (GI) 150 kilo Volt (kV) PLTMG Baubau berkapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA), Gardu Induk (GI) 150 kV Baubau (New) berkapasitas 60 MVA, dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GI PLTMG Baubau-GI Baubau (New) dengan jumlah tower sebanyak 32 tower sepanjang 10,96 kilometer sirkuit (kms).

Anis mengatakan, Buton kaya akan potensi pariwisata yang beragam mulai dari wisata pantai dan pesona bawah laut, wisata air terjun, wisata budaya, kuliner hingga ecoforest tourism.

"Tak hanya itu saja, Buton juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia. Ditambah lagi potensi sektor kelautan dan perikanannya juga terus berkembang," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, PLN berkomitmen dalam menyediakan pasokan listrik yang andal pagi pelanggan yang ada di Pulau Buton melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.