Kemenhub-Pelni Evakuasi 784 Penumpang KM Sirimau yang Kandas di Pulau Ipet
Ilustrasi Kapal Motor (KM) Sirimau. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menerjunkan tim respons cepat untuk mengevakuasi ratusan penumpang kapal KM Sirimau yang mengalami kandas di perairan Pulau Ipet, NTT, Selasa 17 Mei.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Mugen S Sartoto mengatakan, KM Sirimau yang mengangkut 784 penumpang kandas di ujung timur Pulau Ipet saat menuju Pelabuhan Maumere.

Mugen menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kandasnya kapal KM Sirimau tersebut.

"Melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan Lewoleba dan Pelni serta Basarnas Lewoleba telah bergerak cepat melakukan penanganan kandas sesuai prosedur sistem manajemen keselamatan (SMK) kapal dan tidak ditemukan adanya kebocoran kapal," kata Mugen dikutip dari Antara, Kamis 19 Mei.

Sementara PT Pelni mengerahkan KM Sabuk Nusantara 108 untuk membantu proses evakuasi penumpang, yang dijadwalkan tiba di Lewoleba pada Kamis ini pukul 18.00 Wita.

Adapun jarak antara lokasi kandasnya kapal tersebut dengan Pelabuhan Lewoleba 8,9 NM atau 16,56 km sekitar satu jam perjalanan.

Upaya lepas kandas kapal KM Sirimau telah dilakukan saat kondisi pasang tertinggi pada Rabu (18/5/2022) pukul 01.00-02.00 Wita dan kondisi pasang tertinggi kedua juga Rabu pukul 12.00-13.00 Wita, namun belum membuahkan hasil.

"Kami mendapatkan laporan upaya olah gerak agar lepas kandas belum membuahkan hasil, kami segera meminta PT Pelni melakukan evakuasi penumpang yang masih di atas kapal dan membawa ke pelabuhan terdekat untuk diangkut dengan kapal lainnya, dengan jaminan akomodasi dan makanan selama masa tunggu dan meneruskan perjalanan hingga ke tempat tujuan, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelni," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Opik Taupik menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini.

"Kami sedang terus berupaya agar KM Sirimau dapat lepas kandas," katanya.

Untuk sementara waktu, KM Sabuk Nusantara 108 akan melayani rute KM Sirimau hingga kapal berhasil dikeluarkan dari posisi kandas dan siap dioperasikan kembali.

Adapun rute KM Sabuk Nusantara 108 yang diperbantukan untuk mengevakuasi penumpang KM Sirimau yaitu Kupang-Lewoleba-Maumere-Mananga-Lewoleba-Balauring-Balanusa-Kalabahi.

"Kepada penumpang yang terdampak akibat kandasnya KM Sirimau, kami memperhatikan keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan seluruh penumpang selama masa tunggu evakuasi. Seluruh penumpang pun dalam keadaan sehat dan selamat," kata Opik.

KM Sirimau merupakan salah satu kapal Pelni yang memiliki kapasitas 1.000 pax dengan rute Kupang-Lewoleba-Maumere-Baubau-Wanci-Namrole-Ambon-Sorong-Manokwari-Sorong-Ambin-Wanci-Baubau-Maumere-Lewoleba-Kupang.