Industri Otomotif Kembali Bangkit, Pengamat Prediksi Penjualan Mobil Tembus 1 Juta Unit Hingga Akhir Tahun 2022
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Industri otomotif Indonesia diprediksi akan kembali bangkit di tahun ini. Kebangkitan tersebut sudah terlihat sejak akhir tahun 2021. Hal tersbeut didukung oleh meredanya pandemi COVID-19 dan semakin pulihnya daya beli masyarakat.

Pengamat Otomotif Bebin Djuana mengatakan jika dicermati mulai pada kuartal akhir tahun 2021 kebangkitan otomotif itu sudah jelas terlihat. Namun sayang, menurut dia, masih banyak yang meragukan hal ini.

"Kalau kita mempelajari siklus dari industri otomotif di negara kita, sering kali hal-hal yang fenomenal itu terjadi di luar dugaan di luar hitungan ekonomi sekalipun dan itu jelas terlihat sejak tahun lalu," kata Benin, dalam sesi wawancara dengan stasiun televisi CNBC, Selasa, 5 April.

Bahkan, menurut Bebin, penjualan mobil baru di tahun ini akan menembus 1 juta unit. Hal ini berkaca pada keadaan sebelum pandemi COVID-19 dimana industri ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

"Ini akan mempertahankan momentum kebangkitan industri otomotif dan tadi dikatakan bahwa sudah jual sampai 84 ribu unit di akhir Februari. Saya mencermati kira-kira penjualan akan di atas 900 ribu bahkan sampai mendekati 1 juta unit," tuturnya.

Karena itu, menurut Bebin, relaksasi pajak berupa insentif PPnBM diperpanjang atau tidak, sama sekali tidak akan berpengaruh kepada industri otomotif yang saat ini sudah kembali bangkit.

"Kalau dicabut (tidak diperpanjang) saya tidak meragukan bahwa otomitif akan (terpengaruh), tetap berjalan dengan irama yang ada sekarang ini. Jadi tidak perlu dikhawatirkan. Lagi-lagi fenomena industri ini memang terjadi lagi untuk kesekian kali," ucapnya.

Apalagi, kata Bebin, dengan digelarnya Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2022 menjadi pendorong industri ini semakin bergaliat. Apalagi, ditambah dengan adanya daya tarik model baru dan merek baru mobil bermunculan.

"Antusiasme masyarakat sudah jelas dan IIMS ini menjadi trigger tambahan untuk memeberikan semangat kepada konsumen kerena adanya model baru, merek baru sekaligus di tahun ini akan ada mainan baru yaitu kendaraan bertenaga listrik juga hybrid jadi ini yang akan menambah semangat untuk industri ini bergulir lebih cepat," ucapnya.