Dorong Xplora, BNI Gandeng Inacraft Dorong UMKM Mendunia
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan menembus pasar global melalui program Xpora.

Dengan memanfaatkan momentum Perhelatan Inacraft 2022, BNI mengikutsertakan pelaku mitra program Xpora untuk menampilkan produk-produk terbaiknya dalam pameran kerajinan terakbar di Indonesia tersebut.

Dengan pameran tersebut para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berpeluang mendapatkan perluasan pasar sehingga dapat terus menjawab potensi pertumbuhan kinerja positif.Inacraft secara resmi dibuka pada Rabu, 23 Maret 2022 dan akan berakhir pada Minggu, 27 Maret 2022.

"Kami harap momentum Inacraft dapat menjadi akselerator peningkatan kinerja pelaku UMKM seiring dengan pandemi yang mulai pandemi COVID-19 yang mulai mereda," kata Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam keterangan yang diterima VOI, Kamis 24 Maret.

Melalui event tersebut, lanjutnya, BNI ingin mengajak UMKM-UMKM untuk dapat berkembang dan lompat lebih tinggi melalui program Xpora. Pelaku UMKM yang ikut serta dalam pameran telah mengikuti proses kurasi yang ketat sehingga mampu menampilkan produk berkualitas dan menyasar masyarakat kelas menengah atas.

"Selain pasar luar negeri, tentunya konsumsi masyarakat yang besar juga menjadi target pasar yang potensial bagi mitra Xpora kami," ujarnya.

BNI juga menyediakan Xpora HUB untuk melayani UMKM-UMKM atau tenant yang ingin mendapatkan konsultasi pengembangan bisnis go global. Melalui Xpora, BNI proaktif mempertemukan UMKM dan membuka akses pasar dengan business matching pelaku usaha luar negeri.

Secara fisik, Xpora Hub telah berada di 7 lokasi seperti Jakarta, Bandung, dan Solo. Penyaluran kredit Xpora per akhir 2021 telah mencapai Rp2,49 triliun, dan terus tumbuh secara positif pada awal tahun ini.

Beberapa pelaku UMKM yang diajak BNI untuk memamerkan produknya di Inacraft 2022 antara lain adalah Oscar Lawalata Culture, Batiksoul Guitar, Kourosh Pearl Lombok, Borneo Queen, Koperasi Batik Lasem, Saung Batik Wdrupadi, Ghazi Leather, Tais Belu, Jeryn Tenun Collection, Tenun Ikat Sumba Timur, Sepatu Warior, Sepatu Nokha, Tunggak Semi, Purunik, Debough Indonesia, Cemara Ceramics, dan Nuansa Porselen Indonesia.

Bagi para pengunjung Inacraft 2022, BNI sudah menyiapkan beberapa program menarik baik inacraft online di Tokopedia maupun Inacraft offline di Jakarta Convention Center. Di Tokopedia, BNI memberikan penawaran diskon hingga Rp250.000 bagi pengguna Kartu Kredit, Kartu Debit dan Debit Emerald. Selain itu nasabah BNI juga dapat menikmati promo cicilan 0 persen hingga 24 bulan serta hemat 50 persen dengan BNI Rewards Point.