Gandeng BYD dari China, Keluarga Konglomerat Bakrie Berhasil Jual 30 Bus Listrik ke Pemprov DKI Jakarta Pimpinan Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Twitter @anindyabakrie)

Bagikan:

JAKARTA - Anindya Bakrie menyampaikan pesan penuh rasa bangga dan syukur di semua laman media sosial pribadinya. Cucu tertua dari Achmad Bakrie itu menyampaikan pihaknya berhasil menjual 30 bus listrik untuk digunakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memindahkan orang dalam kota dengan TransJakarta.

"Alhamdulillah, bus listrik VKTR (vektor) kami, hasil kolaborasi dengan BYD (perusahaan mesin asal China) resmi digunakan Transjakarta. Sebanyak 30 bus kami telah mengaspal dalam rangka target 100 bus listrik yang digunakan Pemprov Pemprov DKI Jakarta tahun ini," kata Anin yang dikutip Rabu 9 Maret.

Anak dari Aburizal Bakrie ini menyebutkan, pendekatan ke Pemprov DKI Jakarta sudah dilakukan 3,5 tahun terakhir. Caranya, Bakrie Grup terlebih dahulu melakukan uji publik.

Tidak hanya dengan DKI Jakarta yang dipimpin oleh Anies, bus listrik kolaborasi Grup Bakrie itu juga sudah diuji di Bali, Aceh dan Bogor.

Foto: Twitter @anindyabakrie

"Total Bus VKTR ini sudah dites sejauh 24.000 kilometer atau setara bus jalan ke London dan balik lagi," katanya.

Lebih lanjut kata Anindya, VKTR tidak saja dirancang untuk kebutuhan Jakarta, namun juga untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik di Ibu Kota Nusantara.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdan mengatakan, penggunaan bus listrik menjadi target bagi pihaknya untuk membawa Jakarta sebagai solusi penurunan emisi karbon dari kendaraan. Proyek bus listrik ini mulanya akan digunakan pada jalur eksisting sebagai percontohan.

"Bus listrik merupakan tindakan nyata kami untuk mendukung program percepatan kendaraan listrik berbaterai pemerintah Indonesia," katanya dalam sebuah diskusi virtual pekan lalu, 1 Maret.

Foto: Twitter @anindyabakrie

Dia mengatakan pengadaan banyak kendaraan listrik sebagai upaya mempercepat mewujudkan mobilitas bersih untuk Jakarta.

"Jadi kami juga telah berjanji untuk mengubah Transjakarta kami ke bus listrik. Ini adalah Jaringan BRT kami," kata Anies.