Sandiaga Uno Usul Bangun Kereta Gantung untuk Atasi Macet di Puncak, Kemenhub: Pasti Akan Kami Kaji
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubda) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi merespons usulan pembangunan cable car atau kereta gantung gondola menuju kawasan Ciawi dan Puncak, Bogor, Jawa Barat dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Menurut dia, usulan tersebut akan dikaji.

"Ya pastinya kita coba buat kajian terkait usulan Pak Menteri Pariwisata," katanya saat dihubungi VOI, Jumat, 4 Maret.

Untuk mengatasi kemacetan di kawasan Puncak, menurut Budi, banyak persoalan yang harus dipetakan atau di-mapping. Karena itu, pihaknya akan mencoba memecahkan apa yang telah diusulkan Sandiaga untuk dijadikan evaluasi bersama pemerintah daerah Bogor hingga Kementerian PUPR.

"Infrastrukturnya, kawasan wisatanya, volume kendaraan dan kapasitas jalan, gangguan samping dan tentunya perlu mitigasi baik kebijakan menyeluruh baik jangka pendek atau panjang," jelasnya.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberi solusi untuk mengatasi kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Solusi yang ditawarkan Sandiaga adalah membangun kereta gantung atau cable car.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menilai bahwa transportasi publik tersebut ramah lingkungan dan dapat menjadi destinasi pariwisata baru bagi kawasan dengan kontur pegunungan.

"Selain ramah lingkungan, cable car ini juga memiliki sensasi yang berbeda. Karena di destinasi-destinasi pegunungan di luar negeri juga ada cable car, malah dengan tren yang besar," kata Sandiaga, dikutip dari Antara.

Sekadar informasi, usulan Sandiaga tersebut berangkat dari peristiwa kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat yang berlangsung selama kurang lebih 12 jam, pada saat libur akhir pekan 27 hingga 28 Februari 2022.