Harga Honda Brio Gen 1 Rp80 Jutaan, Intip Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Honda Brio menjadi bagian penting dalam penjualan Honda, terlebih pada masa pandemi COVID-19 ini. Sejak tahun 2020, penjualan Honda Brio semakin melesat dan membuatnya menjadi mobil terlaris Honda dalam beberapa bulan ke belakang. Tapi bukan hanya mobil barunya, Honda Brio bekas pun masih menjadi primadona di pasar mobil bekas Tanah Air.

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2011, dan mobil ini sudah memiliki dua generasi di Indonesia. Saat ini, Brio bekas gen 1 masih menjadi pilihan mengingat mobil ini bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Apalagi sudah ada dua pilihan model yang bisa didapatkan, yaitu model pra-facelift dan versi facelift yang dirilis tahun 2016.

Kelebihan Brio gen 1

Popularitas Honda Brio tentu saja merupakan bagian dari semua kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh mobil ini. Masih penasaran dengan apa saja yang diberikan ketika berkendara bersama Brio? Berikut beberapa kelebihan yang bisa dirasakan.

1. Eksterior stylish

Mengingat Honda Brio diposisikan sebagai mobil perkotaan dan menyasar pasar anak muda, maka tak heran jika Honda menawarkan tampilan yang stylish. Eksteriornya dibuat menawan dengan menghadirkan desain yang masih digemari hingga saat ini. Walaupun tak bisa dipungkiri bahwa desai merupakan masalah selera.

Kurang suka dengan tampilan luar mobil ini? Ada banyak bengkel yang menyediakan ubahan berupa bodykit maupun modifikasi yang ditawarkan pada mobil ini. Mengingat popularitasnya yang masih terjaga, spare part dan komponen modifikasi mobil ini bisa memberikan kenyamanan untuk mengganti wajah mobil berdasarkan keinginan sang pemilik.

2. Ruang kabin lega

Meskipun Brio memiliki dimensi yang kompak sebagai sebuah city car, Brio memiliki interior yang terasa lega. Hal ini dikarenakan pengaturan kursi di dalam kabin yang bisa dibilang lega. Membuat ruang kaki dan ruang kepala bagi penumpang di belakang terasa lapang, bahkan untuk penumpang dewasa.

3. Konsumsi BBM irit

Tak sedikit yang ingin meminang mobil ini karena mengetahui bagaimana efisiensi BBM Honda Brio dibandingkan mobil lain di segmennya. Ini dikarenakan Brio sudah mengadopsi teknologi PGM-FI sudah menjadi andalan Honda di Indonesia. Sistem ini bisa meningkatkan efisiensi sepanjang perjalanan.

Berbagai laporan pun menyebutkan bahwa angka konsumsi BBM Brio gen 1 mampu mencapai 20 km/l. Angka yang sangat baik mengingat mobil ini sudah ketinggalan zaman dalam hal teknologi dibandingkan dengan mobil baru saat ini. Bodinya yang kompak juga menjadi salah satu alasan Brio mampu memberikan efisiensi yang tinggi.

4. Handling presisi

Honda dikenal memberikan rasa berkendara yang menyenangkan di belakang kemudi. Mengemudi bersama Brio menghadirkan pengendaraan yang fun to drive. Apalagi dengan bodi mobil yang kompak dan radius putar yang terbilang kecil, Brio sangat baik ketika harus dibawa berkendara di jalanan yang dinamis.

Pengendaraan juga semakin mulus bagi Honda Brio facelift yang meluncur pada tahun 2016. Ada transmisi CVT yang ditawarkan, mendukung pengendaraan yang lebih efisien, tapi juga lebih mudah ketika harus berkendara di jalanan perkotaan dengan kondisi stop-and-go.

Kekurangan Brio gen 1

Dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan oleh mobil ini, masih ada beberapa kekurangan Honda Brio yang patut diperhatikan ketika harus membeli mobil termurah Honda ini. Berikut beberapa diantaranya.

1. Harga masih tinggi

Popularitas yang tinggi di Indonesia bisa menjadi pisau bermata dua. Bagi pemilik mobil, Brio memiliki harga jual yang masih stabil sehingga akan menguntungkan ketika menjual kembali mobil ini. Tapi bagi orang yang ingin membeli mobil bekas Honda Brio, harganya lebih tinggi dibandingkan dengan mobil lain di segmennya.

Jika banyak mobil hatchback di tahun yang sama sudah mengalami penurunan harga yang signifikan, hal yang sama tak berlaku pada Honda Brio. Bahkan sangat jarang terlihat harga Honda Brio bekas di bawah Rp50 juta. Kecuali mungkin mobil yang sudah dimodifikasi atau mobil dengan pajak yang sudah mati.

2. Bagasi sempit

Berbeda dengan pengaturan kursi yang masih berterima, kapasitas bagasi hanya cukup untuk menyediakan ruang untuk sekadar memberikan ruang bagi barang-barang sehari-hari. Dan jika menginginkan ruang yang lebih besar, mobil lain seperti MPV maupun SUV bisa menjadi alternatif yang lebih baik untuk kebutuhan.

3. Interior terkesan murah

Berada di segmen hatchback di pasar mobil murah, berdampak pada pemilihan kualitas material yang diberikan pada Honda Brio. Bahkan hingga saat ini, Honda Brio Satya sebagai tipe terendah Brio di Indonesia sering mendapatkan keluhan material plastik keras yang masih banyak digunakan pada bagian interior mobil. Mulai dari dashboard, door trim, hingga bagasi belakang.

Pemilihan material ini tentu saja bukan tanpa sebab. Harganya yang murah membuat ongkos produksi pun harus ditekan sedemikian rupa. Masalah ini juga membuat kekedapan ruang kabin tak begitu baik, Meski sudah lebih baik jika dibandingkan dengan city car yang lebih murah, semisal Daihatsu Ayla maupun Suzuki Karimun Wagon.

4. Fitur pas-pasan

Sejalan dengan kesan murah pada mobil ini, ketersediaan fitur yang canggih pun bisa menjadi perhatian lebih. Sistem keselamatannya dan fitur hiburannya masih terasa standar. Hanya ada head unit 2DIN yang bisa memutar MP3, CD, dan radio. Sehingga butuh budget lebih bagi pemilik yang ingin mengganti maupun memodifikasi sistem audio agar membuat berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Harga Honda Brio gen 1

Honda Brio merupakan mobil termurah Honda di Indonesia. Sehingga tentu saja harga mobil bekas Brio terbilang sangat terjangkau dibandingkan dengan mobil Honda lainnya. Misalnya saja harga Honda Brio bekas generasi pertama keluaran tahun 2012 saat ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp80 jutaan saja.

Sedangkan model lainnya memiliki banderol di bawah Rp100 juta. Misalnya saja untuk Brio edisi facelift keluaran 2016 sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp100 jutaan. Harga yang cukup terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan harga Honda Brio 2022 yang dihargai mulai dari Rp156 jutaan.

Tapi hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kondisi mobil. Untuk mobil dengan umur hampir mencapai 10 tahun, tentu saja ada komponen-komponen yang semestinya harus diganti karena aus atau termakan usia. Sehingga patut dipertimbangkan ketika ingin membeli Brio generasi pertama keluaran tahun 2012 maupun 2013.

Sedangkan untuk Brio facelift yang masih berumur lima tahun ke atas, jangan lupa untuk memperhatikan riwayat perawatan berkala. Begitu pula dengan mengamati bagian interior maupun eksterior mobil agar terhindar dari membeli mobil bekas banjir atau kecelakaan. Sebisa mungkin lakukan pengujian dan test drive untuk mengetahui apakah ada masalah tersembunyi pada mobil.

Selain itu, pastikan untuk mencari tahu mengenai informasi harga mobil supaya tidak terkecoh membeli mobil murah di luar harga pasaran. Kunjungi Otomurah untuk mendapatkan berbagai informasi tentang mobil bekas serta tips dan trik seputar seputar perawatan mobil yang terpercaya di Indonesia.