Melonjaknya Harga Batu Bara Bikin Kobexindo Bukukan Pertumbuhan Penjualan Alat Berat 365 Persen di 2021
Foto: Dok. Kobexindo

Bagikan:

JAKARTA - PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi sepanjang tahun 2021 berhasil membukukan kinerja positif. Hal tersebut diindikasikan oleh kinerja segmen penjualan alat berat pertambangan yang merupakan kontributor utama penjualan Perseroan.

Berdasarkan perhitungan sementara (unaudited), penjualan unit alat berat pertambangan secara nilai berhasil tumbuh signifikan di kisaran 365 persen, kenaikan tersebut setara pertumbuhan penjualan kuantiti unit di kisaran 428 persen.

"Dampak dari lonjakan harga batu bara yang disertai oleh keterbatasan produksi tambang pascapandemi menjadi katalis pertumbuhan penjualan di 2021," ujar Direktur Utama PT Kobexindo Tractors Tbk, Andry B. Limawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu 16 Februari.

Lonjakan pertumbuhan tersebut mendorong pertumbuhan kinerja sepanjang 2021 dan berpeluang menjadi pencapaian pendapatan tertinggi dalam 3 tahun terakhir. Perseroan menilai, potensi pertumbuhan segmen alat berat masih akan berlanjut di tahun 2022.

"Kobexindo menilai tantangan bagi produsen dan distributor alat berat pada 2022 adalah keterbatasan produksi alat berat yang diakibatkan oleh penyumbatan logistik yang sedang dihadapi seluruh dunia. Meningkatnya permintaan alat berat secara global menambah panjang antrian pembeli. Berdasarkan kondisi di atas, perusahaan masih memiliki carry over pesanan 2021 yang dijadwalkan terkirim di 2022," jelas Andry.

Kobexindo akan terus berinovasi dan bersinergi dengan memaksimalkan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang demi menciptakan nilai guna pertumbuhan yang berlanjutan dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Adapun PT Kobexindo Tractors Tbk per Februari 2022 memperkenalkan logo dan tagline baru. Rebranding ini merupakan upaya Perseroan untuk pembaruan indentitas agar mendapat semangat dan wajah baru yang lebih segar dan elegan.

Logo baru tersebut merupakan evolusi dari lambang sebelumnya yang melambangkan 3 pilar utama KOBEX yakni Perusahaan (Company), Pelanggan (Customers) dan Prinsipal (Principal).

"Mengawali tahun 2022, KOBEX memperkenalkan logo dan tagline baru. Ini merupakan milestone, untuk terus memperbaharui semangat seluruh jajaran manajemen dan karyawan KOBEX guna mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami berharap, semua komponen baik itu perusahaan, konsumen maupun pihak principal saling membutuhkan, mendukung dan saling menguntungkan bersama," papar Andry.