Gambar Viral Menteri Basuki yang 'Tak Diajak' Ngobrol Jokowi-Luhut-Sandiaga, Sri Mulyani: Pak Bas Sedih?
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika kunker ke Sumatera Utara (Foto: Tangkap layar Instagram @smindrawati)

Bagikan:

JAKARTA – Sudah menjadi rahasia umum bagi awak media jika sosok Basuki Hadimuljono adalah menteri yang dikenal paling lucu dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tidak jarang dirinya menjadi pencair suasana kala Kepala Negara menggelar rapat di Istana.

Pembawaan tersebut tidak mengurangi sedikitpun kemampuannya dalam mengemban tugas berat sebagai ujung tombak pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal itu dibuktikan lewat kepercayaan Presiden Jokowi yang kembali memilihnya sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam dua periode masa jabatan. Tak ayal, figur Menteri Basuki cukup disegani sekaligus disenangi oleh sejawat.

Terbaru, Menteri PUPR sukses menarik perhatian publik. Saat lawatannya mengawal Presiden ke Sumatera Utara, beredar foto yang menampilkan dirinya sedang menyendiri. Padahal, dalam rekam gambar terlihat Presiden Jokowi bersama Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno terlibat percakapan akrab.

Mengetahui hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani turut kepo menanyakan sebenarnya apa yang terjadi.

“Mengapa Pak Bas duduk sendirian dan terpisah dengan wajah diam mematung di foto bersama Presiden @Jokowi dan Pak @Luhut.Pandjaitan dan mas @Sandiuno di Pulau Samosir?” tanya dia melalui Instagram @smidrawati dikutip Minggu, 6 Februari.

Sambil terkekeh Menteri Basuki menanggapi keingintahuan bendahara negara.

“Fotonya viral ya…,”: sahutnya

“(Iya) Lucu aja wajah Pak Bas cemberut sendirian, kirain sedang bete atau sedih,” sambar Sri Mulyani.

Dari ilustrasi percakapan di atas terlihat jelas jika dua pembantu Presiden yang sangat strategis ini tetap menunjukan sikap humanis di tengah-tengah rutinitas padat dan jadwal kerja yang tinggi. Agaknya, Menkeu baru saja membuktikan kesahihan opini jika Basuki Hadimuljono memang benar sosok menteri yang memiliki selera humor yang baik.

“Obrolan ringan saya dengan Pak Basuki pagi tadi di sela acara peresmian jalan Tol Binjai - Stabat Medan oleh Presiden @Jokowi. Medan 4/2/2022,” tutup Sri Mulyani.