Siapa <i>Crazy Rich</i> Rudy Salim? Pengusaha yang Mengaku Tak Kerja jika Jadi Anggota Keluarga Anthony Salim
Rudy Salim/Foto: Akun Instagram @_rudysalim

Bagikan:

JAKARTA - Rudy Salim, pengusaha showroom mobil mewah Prestige Image Motorcars yang berlokasi di Jakarta Utara ini sering dikait-kaitkan dengan keluarga konglomerat Anthony Salim lantaran memiliki nama belakang yang sama. Namun siapakah sebenarnya pengusaha muda ini?

Berasal dari keluarga dokter dan menjadi satu-satunya yang menjalankan bisnis, Rudi memiliki berbagai bisnis di bidang kuliner seperti membuka toko kue bersama Luna Maya dan usaha minuman Mango Bomb bersama dengan Raffi Ahmad serta membuka restoran Take a Bite, High Style Hotpot, toko kue Croissant Cherie.

Menggandeng RANS Entertainment milik Raffi Ahmad, ia menjalin kerja sama dengan 6 anak perusahaan milik Raffi. Awalnya, ia mengakuisisi Rans Cilegon dan menggandeng Dito Ariotedjo ia mendirikan klub basket RANS PIK Basketball Club pada 2021 lalu. Klub ini bermarkas di RANS Prestige Sportainment PIK 2 yang memiliki luas 2,3 hektar dan memiliki fasilitas lengkap, seperti lapangan sepak bola, lapangan basket hingga sarana esports dan entertainment

Rudy dan Raffi juga mendirikan RANS Carnaval City Zoo dengan konsep kebun binatang di tengah kota yang sudah dibangun sejak Desember 2021 dengan luas 2,7 hektar dan akan terus berlanjut.

"Kita juga ada restoran klub dan lounge yag akan jadi di akhir tahun ini. Namanya Moon," ujarnya kepada Helmy Yahya.

Rudy mengungkapkan dirinya pernah mengenyam pendidikan kedokteran di salah satu universitas swasta di Indonesia namun pernah nyaris drop out (DO) pada tahun 2003 dan sempat diusir dan diancam sang ibu untuk tidak bertemu jika tidak sukses.

Bermodalkan Rp300 juta hasil menjual mobil pribadinya, ia mendirikan bisnis microfinance online Kaskus pada tahun 2006. Sukses dengan bisnis microfinance, ia pun membuka bisnis impor mobil pada 2012 dengan mengimpor 3 mobil mewah lalu membuka showroom pada 2013 dan mampu menual 19 unit mobil mewah pada tahun berikutnya.

Tak hanya itu saja, dalam wawancaraya bersama Helmy Yahya, ia mengungkapkan memiliki bisnis aviasi jual beli dan sewa jet dan drone tanpa awak. Meski mampu membeli jet pribadi, dirinya mengaku bukanlah sosok yang sukses.

"Saya bingung. Saya kan juga belum sukses. Gini-gini aja, pak," pungkasnya.