Bagikan:

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginisiasi Silaturahmi Virtual Tahun Baru 2022 Sektor Jasa Keuangan dalam rangka meningkatkan sinergi dan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam melanjutkan upaya pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan sinergi penting dilakukan dalam mengambil kebijakan dan memonitor implementasinya sehingga menghasilkan aturan yang kompetitif, preemptive dan memitigasi dampak pandemi COVID-19.

“Melalui efektivitas berbagai stimulus kebijakan di sektor pemerintahan, sektor keuangan maupun sektor lainnya, maka diharapkan dapat semakin menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dengan baik,” tuturnya dalam keterangan pers dikutip Rabu, 5 Januari.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan pentingnya kerjasama baik secara internal maupun dengan seluruh stakeholders OJK dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di sektor jasa keuangan.

“Kalau kita lakukan dengan team work, dengan hati, bekerja sungguh-sungguh serta tidak merasa paling hebat dan paling tahu pasti banyak hal yang dapat kita selesaikan,” tuturnya.

Senada, Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD mendukung berbagai program pemulihan ekonomi nasional serta penguatan sektor jasa keuangan dalam rangka mencegah tindak pidana di sektor ini.

“Saya berharap kita semua mendukung Indonesia dalam proses penilaian dunia internasional terkait dengan kebijakan dan implementasi rezim anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme,” katanya.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan pandemi juga perlu menjadi perhatian mengenai isu perubahan iklim, digitalisasi ekonomi serta dampak normalisasi kebijakan pasca covid secara global.

“Saya berharap, tentu OJK bersama kami di Kementerian Keuangan, kemudian Bank Indonesia dan LPS dalam forum KSSK bisa bersama-sama mengawal pemulihan ekonomi secara efektif, handal, kredibel dan di sisi lain juga terus mendukung formula dari sisi reform yang penting terutama di sektor keuangan,” tegasnya.