Mau Beli Mobil di GIIAS 2021? Cek Daftar Mobil yang Dapat Diskon PPnBM
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada 11 hingga 22 November nampaknya menjadi ajang pamungkas bagi konsumen otomotitf nasional untuk menikmati fasilitas diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP).

Malahan, pameran otomotif pertama di era pandemi itu bisa saja menjadi kesempatan terakhir konsumen untuk bisa mendapatkan PPnBM. Pasalnya, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, untuk memperpanjang insentif fiskal tersebut.

“Kalau momentum pemulihannya makin baik dan kondisi industrinya makin bagus maka insentif secara bertahap akan di-face out. (Keputusan pemberian insentif) Nanti akan dilihat dari data yang ada pada saat itu,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita beberapa waktu lalu.

Pemerintah sendiri memutuskan untuk memperpanjang pemberian insentif pengurangan PPnBM 100 persen bagi pembelian mobil berkapasitas silinder mesin lebih dari 1.500 cc hingga Desember 2021. Serta insentif pengurangan PPnBM dari 25 persen hingga 50 persen untuk mobil berkapasitas silinder mesin antara 1.501 cc sampai dengan 2.500 cc.

Lantas, mobil apa saja yang masih mendapat fasilitas PPnBM DTP hingga 100 persen di gelaran GIIAS 2021 kali ini? Berikut adalah daftar lengkapnya.

- Daihatsu Ayla (semua varian)

- Daihatsu Rocky (semua varian)

- Daihatsu Terios (semua varian)

- Daihatsu Xenia (semua varian)

- Honda Brio RS (semua varian)

- Honda BRV (semua varian)

- Honda HRV (semua varian)

- Honda Mobilio (semua varian)

- Mitsubishi Xpander (semua varian)

- Mitsubishi Xpander Cross (semua

- Suzuki Ertiga (semua varian)

- Suzuki XL7 (semua varian)

- Nissan Livina (semua varian)

- Toyota Agya (semua varian)

- Toyota Avanza (semua varian)

- Toyota Raize (semua varian)

- Toyota Rush (semua varian)