Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat, ada 13 rukun tetangga (RT) di Jakarta yang terendam banjir pada hari ini per pukul 18.00 WIB.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI M. Insaf menuturkan, 13 RT yang terendam terbagi pada 3 kelurahan di Jakarta Timur.

Terdapat banjir di 1 RT di Kelurahan Lubang Buaya dengan ketinggian air sampai 40 sentimeter, 9 RT di Kelurahan Cipinang Melayu dengan ketinggian air sampai 55 sentimeter, dan 3 RT di Kelurahan Cipinang Muara dengan ketinggian 40 sentimeter.

"Banjir di 13 RT pada 3 kelurahan di Jakarta Timur disebabkan oleh luapan Kali Sunter," kata Insaf dalam keterangannya, Senin, 1 November.

Secara umum, lanjut Insaf, proporsi banjir di Ibu Kota saat ini 0,043 persen dari total 30.470 RT yang ada.

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh Pihak Kelurahan Setempat Bersama PPSU, Tim TRC BPBD, DSDA, Satpol PP, Tagana, dan Disgulkarmat ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," jelas Insaf.

Lebih lanjut, berdasarkan data tinggi muka air (TMA) per pukul 18.00 WIB, terdapat 1 pintu air yang berstatus Siaga 2, yakni Pintu Air Sunter Hulu dengan TMA 210 sentimeter.

Selain itu, ada dua pintu air yang berstatus Siaga 3, yakni Pintu Air Pasar Ikan dengan TMA 170 sentimeter dan Angke Hulu dengan TMA 197 sentimeter.