50 Prajurit TNI AD Latihan ke Singapura, Jenderal Andika: Latihan Penting, Tapi Persahabatan Lebih Utama
Jenderal TNI Andika Perkasa (Foto via Dispenad)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, memberangkatkan 50 prajurit TNI AD untuk mengikuti latihan bersama bertajuk 'Safkar Indopura' ke-33 dengan tentara Singapura.

Dalam pengarahannya di Lantai Dasar Gedung E Mabesad Jakarta, Kamis 28 Oktober kemarin, Jenderal Andika berpesan agar prajurit yang ditugaskan, melaksanakan latihan dengan penuh semangat. Terutama juga bisa menjalin komunikasi yang baik dengan tentara Singapura.

"Latihan memang utama, tetapi menjalin persahabatan itu yang lebih utama," pinta Kasad seperti keterangan tertulis Dispenad.

Prajurit TNI AD yang megikuti latihan berasal dari Yonif 310/Kidang Kencana Brigif 15/Kujang Kodam III/Slw.

Mereka akan melaksanakan latihan bersama dengan tentara Singapura dari Batalyon 5 (5 th Singapore Infantry Regiment) di Kranji Camp III dan Muray Urban Training Facility AD Singapura, hingga pertengahan November mendatang.

Sebelumnya, TNI AD juga baru saja merampungkan latihan tempur bersama pasukan AS. Latihan itu dinamakan Garuda Shield ke-15 Tahun 2021.

Sebagai informasi, itulah latihan terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer Indonesia dan Amerika Serikat yang digelar dari awal hingga pertengahan Agustus lalu. Dilakukan di tiga tempat berbeda, yaitu Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan, dan Makalisung di Manado.

Materinya meliputi staff exercise, field training exercise (FTX), live fire exercise (LFX), aviation, dan medical exercise (medex). Selain itu, dua program latihan yang akan digabungkan, yakni joint combined exchange training (JCET) dan Garuda Airborne.