Berkantor di Balai RW, Wali Kota Surabaya Serap Aspirasi Warga
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi menyatakan kesiapannya untuk berkantor di balai Rukun Warga (RW) secara bergiliran sebagai upaya menyerap aspirasi dan mendekatkan diri dengan warga.

“Rencananya, malam ini mulai pukul 18.00 WIB, saya mulai 'ngantor' di balai RW yang ada di Surabaya,” ujar Eri Cahyadi di Surabaya dikutip Antara, Senin, 25 Oktober.

Eri Cahyadi menjelaskan dalam tata kelola pemerintahan seperti di Kota Surabaya, ada yang namanya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan pokok pikiran DPRD Surabaya. Jika keduanya jalan sendiri-sendiri, program pembangunan di Kota Surabaya bisa stagnan.

“Di kantor RW nanti kami kumpulkan para Ketua RT, Ketua RW dan LPMK untuk ngobrol apa yang harus diperbaiki demi kemajuan dan kesejahteraan warga Kota Surabaya. Artinya, jangan ada lagi warga kita yang kesusahan, jika perlu kalau ada warga yang mau mengadu monggo mumpung saya 'ngantor' di RW,” katanya.

Eri Cahyadi menambahkan Pemkot Surabaya ingin mengetahui skala prioritas apa yang akan dilakukan atau dikerjakan di tingkat RW. Seperti soal kemiskinan, Eri berusaha mencarikan solusi secepatnya untuk mengatasinya.

Artinya, kata dia, sesama RW jangan ada egoisme saat melakukan pengentasan kemiskinan atau bantuan warga yang memang diperlukan warga.

“Dengan saya berkantor di RW, akan tercipta kegotongroyongan antarsesama Ketua RW. Contohnya, ada Ketua RW yang ngotot minta kampungnya harus dipaving, Ketua RW lainnya tidak mau kalah. Makanya, saya akan ngantor di balai RW,” katanya.

Eri Cahyadi mengatakan sebagai pelayan masyarakat pihaknya wajib menjadi garda terdepan untuk melayani warga Kota Surabaya.

Dia mengaku tidak akan bisa berjalan sendiri jika di level bawahnya seperti tingkat RW juga tidak bergerak. Ia mencontohkan ada warga dengan status janda yang belum mendapat bantuan sosial, begitu tahu langsung ia bantu.

“Yang saya sayangkan mengapa lurah sampai RW-nya tidak mengetahui,” katanya.

Saat ditanya dimulai di RW mana?, Eri mengatakan belum tahu. “Tapi yang pasti mulai malam nanti saya akan berkantor di balai  RW,” katanya.