Sandiaga Uno Minta Pelaku Usaha Berinovasi Kembangkan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno pada saat berbicara dalam diskusi Pengembangan KaTaKreatif Indonesia, dalam rangkaian kunjungan kerja di Kota Malang, Jawa Timur (Vicki Febrianto/Antara).

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta tiap-tiap pelaku usaha yang ada di berbagai daerah di Indonesia, untuk mampu berinovasi untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang saat ini masih terbuka.

Sandiaga di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen dan konsisten untuk memberikan dukungan, dan fasilitasi terkait pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui berbagai program.

"Salah satunya perlu inovasi. Kenapa kabupaten kota harus didorong untuk kreatif, untuk memiliki inovasi," kata Sandiaga dilansir Antara, Sabtu, 16 Oktober.

Sandiaga menjelaskan inovasi merupakan salah satu kunci untuk memajukan para pelaku usaha ekonomi kreatif, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, sebuah inovasi bisa menjadi bekal para pelaku usaha untuk menjadi langkah penguatan daya saing. Inovasi juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti penggunaan data digital.

"Inovasi ini, adalah bekal kita untuk bisa memiliki daya saing. Inovasi menggunakan data, menggunakan teknologi digital," katanya.

Selain inovasi, lanjutnya, para pelaku usaha melakukan adaptasi. Saat ini, pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona masih belum berakhir, sehingga diperlukan langkah adaptasi oleh para pelaku usaha agar ekonomi kreatif tetap bisa berkembang.

Ia menambahkan pihaknya telah menyiapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE), yang merupakan salah satu panduan bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melakukan adaptasi di tengah pandemi.

Selain itu, lanjutnya, juga diperlukan upaya kolaborasi antar pelaku usaha. Kolaborasi diperlukan dalam upaya untuk memperluas jejaring dan membuka peluang potensi kerja sama antar pelaku usaha.

"Saya yakin dengan berkumpulnya kita di sini, kita akan mendorong bangkitnya ekonomi kreatif di Indonesia," kata Sandi.