'Magis' Jokowi Masih Terasa, Perajin Busana Baduy Sampai Kewalahan Penuhi Permintaan Pembeli
Presiden Jokowi (foto: dokumentasi Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD)

Bagikan:

BANTEN - Perajin busana Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kewalahan melayani permintaan pasar yang meningkat hingga 100 persen.

"Sejak dua bulan terakhir permintaan meningkat, yang sebelumnya 10 kodi kini menjadi 20 kodi per bulan," kata Husen salah satu perajin busana Badui di Ciboleger Kabupaten Lebak, Antara, Kamis, 7 Oktober. 

Meningkatnya permintaan itu, katanya, setelah Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Baduy pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 16 Agustus 2021 lalu.

Produk busana Baduy yang diminati antara lain baju, celana kampret dan pengikat kepala atau lomar. Menurut dia, harga produk busana Badui itu tergantung mutu, namun rata-rata sekitar Rp1,5 juta per kodi. Satu kodi terdiri atas 20 potong. Jika berhasil menjual hingga 20 kodi maka bisa menghasilkan pendapatan Rp30 juta.

"Kami kewalahan memenuhi meningkatnya permintaan itu karena terbatasnya tenaga dan modal," katanya. 

Perajin busana Baduy lainnya, Ambu Silvi mengatakan, dirinya kini bisa menjual produk kain tenun hingga 15 potong dari sebelumnya tiga potong per pekan. Produksi kain tenun itu dijual antara Rp120 ribu sampai Rp130 ribu per potong.

"Kami saat ini bisa menghasilkan hingga Rp1,6 juta per bulan " katanya. Kudil, seorang pedagang busana Badui mengaku saat ini permintaan konsumen cenderung meningkat, bahkan pesanan ada yang datang dari Provinsi Bali.

Selama itu, kata dia, wisatawan yang berkunjung ke pemukiman Baduy juga mulai ramai.

"Kami sekarang bisa menghasilkan pendapatan hingga Rp15 juta dari sebelumnya relatif kecil, " kata Kudil.

Sementara itu, Tetua Adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan saat ini aktivitas perajin dan pedagang busana Badui kembali bergairah, dan roda perekonomian mulai berputar.

Sebelum pandemi, kunjungan wisatawan ke pemukiman Baduy biasanya ramai pada akhir pekan, namun selama pandemi sempat turun tajam, dan mulai naik dalam dua bulan terakhir, biarpun belum pulih seperti sebelum pandemi COVID-19.